5 Kesalahan Cara Makan Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Obesitas. Kebiasaan makan yang tidak baik akan membuat gizi buruk, obesitas, diabetes, dan meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, hingga stroke. /Bisnis - Yayus Yuswoprihanto
11 Juni 2021 16:07 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menghentikan kebiasaan buruk dan tidak mengulanginya merupakan salah hal yang sukar. Begitu pula dengan kebiasaan makan yang sebenarnya tidak baik untuk dilakukan, namun justru terus dilakukan.

Entah karena stres, kurangnya pengetahuan, atau hanya kerana sudah terbiasa, perilaku makan yang buruk akan menyebabkan masalah serius.

Kebiasaan makan yang tidak baik akan membuat gizi buruk, obesitas, diabetes, dan meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, hingga stroke.

Berikut ini adalah kebiasaan makan yang buruk dan harus dihentikan, seperti dilansir femina.in, Jumat (11/6/2021) :

1. Makan Tanpa Perencanaan

Tanpa perencanaan atau persiapan, Anda tidak akan tahu apa yang nanti dimasak untuk dimakan. Hal itu dapat menyebabkan kepanikan atau membuat keputusan tergesa-gesa, seperti memesan makanan cepat saji.

Jika sudah tahu akan makan apa, nantinya ada banyak waktu untuk menyiapkan hidangan tersebut sehingga tidak akan menyantap junk food.

2. Makan di Perjalanan

Tidak peduli seberapa sibuknya aktivitas, pastikan meluangkan setidaknya 20 menit dari jadwal harian untuk duduk tenang saat makan.

Duduk, fokus pada piring, kunyah dengan baik, dan nikmati makanan tersebut. Itu akan membantu merasa kenyang dan puas, sehingga akan mengurangi keinginan untuk makan junk food di kemudian hari.

3. Konsumsi Makanan Olahan Berlebihan

Camilan sesekali tidak apa-apa, tetapi mengandalkan makanan dan minuman kemasan untuk asupan harian tidaklah tepat. Makanan olahan mengandung banyak garam, gula, dan zat tambahan tidak sehat lainnya bagi tubuh Anda.

Oleh karena itu, carilah camilan makanan sehat seperti buah-buahan, keripik sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, atau selai kacang.

Jika membeli produk yang tersedia secara komersial, baca label dengan cermat.

4. Melewatkan Jam Makan

Menahan lapar sepanjang hari dalam upaya menurunkan berat badan atau karena terlalu sibuk untuk makan akan berbahaya.

Tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang cukup untuk berfungsi secara optimal, dan kekurangan makanan akan mempengaruhi produktivitas dan kesehatan.

Melewatkan makan juga dapat menyebabkan Anda makan junk food.

Makalahlah tepat waktu pada sarapan, makan siang, dan makan malam.

5. Tidak Terhidrasi

Minumlah air sepanjang hari untuk menjaga tubuh bekerja secara maksimal dan membuang racun.

Jika sedang diet, Anda juga dapat menambahkan minuman seperti buttermilk, teh hijau, air kelapa, dan jus buah lainnya ke dalam menu diet Anda.

Namun, hindari jus buah siap pakai karena mengandung gula. Saat mengonsumsi minuman seperti teh hijau, tambahkan madu atau jahe sebagai penyedap rasa, bukan gula.

Sumber : Bisnis.com