Advertisement

Sering Minum Soda Bikin Imunitas Tubuh Menurun, Benarkah?

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Juni 2021 - 18:27 WIB
Sunartono
Sering Minum Soda Bikin Imunitas Tubuh Menurun, Benarkah? Minuman bersoda

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Buat Anda yang sangat gemar minum minuman bersoda, berhati-hatilah.

Karena selain memicu beragam penyakit, ternyata minuman bersoda juga bikin sistem kekebalan tubuh juga menurun.

Advertisement

Soda terutama terbuat dari gula, yang diketahui dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menghambat cara tubuh Anda melawan penyakit.

BACA JUGA : Bahu Membahu Tangani Sampah untuk Menjaga Imunitas

Berikut adalah lima cara soda dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda seperti dilansir dari Times of India:

1. Memberi makan bakteri jahat

Hanya 350 ml soda mengandung sekitar 39 gram gula, yang merupakan penyebab banyak masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Gula berfungsi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri dan virus dan membantu mereka menyebar dengan mudah ke seluruh tubuh. Gula juga menekan sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan risiko infeksi

Ini berlaku untuk semua orang, tetapi bahkan lebih untuk orang yang menderita diabetes tipe 2. Gula dalam soda memengaruhi sel darah putih sistem kekebalan Anda, yang penting untuk melawan infeksi. Sel darah putih disebut sel darah pembunuh. Jadi, sebaiknya orang yang menderita diabetes tipe 2 tidak mengonsumsi soda.

3. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Minum soda secara teratur dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Rutin minum minuman manis dapat menurunkan sensitivitas insulin seseorang, yang merupakan risiko utama untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Selain mengurangi soda, mengurangi lemak jenuh juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Peradangan

Soda dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang tidak hanya menghambat sistem kekebalan tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis di kemudian hari. Studi bahkan menemukan bahwa orang yang minum soda secara teratur versus mereka yang minum soda diet, susu atau hanya air putih. memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan peradangan dan bahkan resistensi insulin.

BACA JUGA : Hari-Hati! Virus Corona Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

5. Peningkatan risiko obesitas

Kelebihan berat badan dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh dan minum soda secara teratur dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu. Soda menawarkan kalori kosong, yang berarti mereka tidak memiliki nilai gizi. Kalori dalam soda melakukan kebalikan dari membuktikan manfaat kesehatan apa pun - mereka menyebabkan kerusakan.


Dari penurunan produksi sitokin hingga perubahan fungsi limfosit, obesitas dapat memengaruhi sistem kekebalan dalam berbagai cara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudahkan Pencatatan Kelahiran, Disdukcapil Kulonprogo Gandeng 14 Faskes

Kulonprogo
| Minggu, 28 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement