Ingin Gelar Resepsi Pernikahan di Rumah saat Pandemi Covid-19? Ini yang Perlu Diperhatikan

Yuanita Christiani dan suaminya saat menikah - instagram
15 Juni 2021 03:17 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Bisnis.com, JAKARTA— Setiap pasangan yang sudah menjalani hubungan serius, tentu ingin melanjutkan ke pernikahan. Ada banyak versi pernikahan yang menjadi idaman atau mimpi setiap calon pengantin. Namun, karena pandemi Covid-19 banyak pernikahan yang tidak bisa terwujud karena adanya kebijakan protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Gisela Setyawan, Head of Wedding Service Bridestory, mengatakan menikah di rumah secara intimate wedding adalah konsep yang cocok dipilih untuk mewujudkan resepsi pernikahan di era pandemi.

Definisi intimate wedding di era pandemi ini, yaitu jika mangacu pada definisi yang sesuai dengan protokol pemerintahan. Misalnya, tamu yang hadir maksimal 30 orang termasuk si mempelai. Dan yang hadir hanya orang yang terdekat saja.

Baca juga: Hasil Studi, Selama Pandemi Penderita Mata Minus Meningkat

"Meskipun secara sederhana, merayakan pernikahan di rumah tetap bisa mewujudkan pernikahan tanpa hilangkan makna dari acara sakral tersebut,” ungkapnya ujarnya secara virtual pada acara Tren dan Inspirasi dari Tokopedia dan Bridestoty : Intimate Wedding 101, Senin (14/6/2021).

Agar penikahan di rumah tetap berjalan dengan lancar dan juga berkesan, berikut Gisela bagikan tips menyiapkan pernikahan di rumah saat pandemi Covid-19 :

1. Tentukan konsep yang sesuai

Di Indonesia, pernikahan selalu identik dengan mengundang tamu yang banyak. Namun, di era pandemi, budaya tersebut tidak bisa dilakukan karena akan memicu kerumunan. Oleh karena itu, pilihlah tema dan konsep acara yang tidak memerlukan banyak tamu pada saat resepsi. Tentukan konsep yang sesuai dengan protokol kesehatan.

2. Pilih jasa dokumentasi yang canggih

Di era pandemi, resepsi pernikahan tidak perlu mengundang banyak tamu untuk menyaksikan hari bahagia Anda dan pasangan. Cukup siarkan secara virtual agar kerabat yang tidak bisa hadir tetap bisa melihat pernikahan Anda. Pilihlah jasa dokumentasi yang bisa membantu untuk menyiapkan hal tersebut. Dengan pembatasan jumlah tamu, jasa mereka akan membantu Anda tetap terhubung dengan yang lainnya saat resepsi.

3. Manfaatkan platform belanja online

Meskipun tidak menggelar pesta besar-besaran, namun untuk resepsi sederhana di rumah juga memerlukan kebutuhan yang harus di beli. Dengan berbelanja online, kebutuhan pernikahan bisa di dapatkan tanpa perlu keluar rumah. Dengan belanja dari rumah, dapat mencegah menyebarnya virus Covid-19. Mulai dari cari makeup artis, katering, baju pengantin, aksesoris, dekorasi, dan seserahan kini bisa di dapatkan secara online.

4. Alokasikan dana pernikahan untuk periksa Covid-19

Biasanya, dalam menyipakan hari pernikahan dana akan disiapkan untuk makeup artis, katering, baju pengantin, aksesoris, dekorasi atau juga seserahan. Namun, di tengan pandemi calon pengantin juga harus alokasikan dana untuk pemeriksaan virus Covid-19. Alokasikan juga dana tersebut untuk pemerikasaan bagi para tamu yang datang dan juga kru yang terlibat di hari tersebut.

5. Ikuti peraturan setempat

Di tengah pandemi ini ada banyak peraturan yang harus di ikuti untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Setiap daerah juga memiliki peraturannya masing-masing. Agar pernikahan berjalan dengan baik, calon pengantin harus selalu mengikutin perkembangan peraturan dan kabar mengenai situasi pendemi. Dengan begitu, hari bahagia Anda dan pasangan akan berjalan lancar.

Sumber : Bisnis.com