Tips Meningkatkan Kesehatan Otak untuk Memperlambat Munculnya Alzheimer

Ilustrasi - meioambienterio.com
17 Juni 2021 22:17 WIB Anissa Putri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Saat ini, banyak orang mengira penyakit paling mematikan adalah penyakit yang memiliki gejala sangat parah dan cepatnya penyebaran penyakit yang menyebabkan hilangnya nyawa. 

Faktanya, penyakit yang paling mematikan adalah penyakit yang memiliki perkembangan lambat. Salah satu penyakit yang memiliki perkembangan lambat adalah Alzheimer.

Alzheimer adalah penyakit kehilangan ingatan, merupakan bentuk paling umum dari demensia. Termasuk kedalam penyakit lambat dan progresif yang merusak fungsi mental dan memori, maka Alzheimer merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Alzheimer mengakibatkan pemikiran, penalaran, dan kebiasaan normal seseorang terganggu dan akhirnya menjadi rusak. Tidak ada obat untuk Alzheimer, tetapi ada perawatan yang dapat memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Penting bagi semua orang untuk mempelajari tentang penyakit ini dan cara menunda potensi timbulnya Alzheimer. 

Berikut tips meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer yang telah dilansir dari amsterdamnews.com:

1. Lakukan kegiatan yang dapat mengasah otak

Cobalah untuk melakukan permainan teka-teki silang, membaca atau melukis. Kegiatan tersebut dapat menjaga otak agar tetap terstimulasi secara mental dan dapat membantu membuatnya tetap muda.

2. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah dengan memori dan kemampuan kognitif. Tidur sangat penting untuk pemeliharaan otak, seperti membuang racun yang menumpuk di dalam otak.

3. Tetap bersosialisasi

Sebuah studi menemukan memori menurun pada setengah tingkat untuk orang dewasa sosial. Isolasi atau kesepian pada orang dewasa yang lebih tua dikaitkan dengan 50 persen peningkatan risiko mengembangkan demensia dan 26 persen peningkatan risiko semua penyebab kematian, menurut American Journal of Geriatric Psychiatry.

4. Buat pilihan gaya hidup yang lebih sehat

Olahraga ringan dapat membantu meningkatkan fungsi otak, terutama di area yang bertanggung jawab untuk belajar dan memori. Memperbaiki bagian otak ini dapat melawan perubahan pra-Alzheimer yang sering terlihat pada usia paruh baya. Pilihan gaya hidup yang membantu mengurangi risiko kardiovaskular, seperti olahraga, diet sehat, dan tidak merokok, juga dapat memperlambat penuaan otak.

5. Mengelola penyakit kronis

Penyakit umum pada orang dewasa yang lebih tua, seperti diabetes dan penyakit jantung, dapat mempengaruhi fungsi otak. Dengan menjaga tubuh agar selalu sehat dapat mengurangi risiko terserang penyakit umum kronis di masa yang akan datang.

Penting juga untuk melakukan skrining memori setiap tahun. Memiliki catatan dapat meningkatkan kemampuan perawatan oleh pihak medis untuk mendiagnosis gangguan memori lebih awal.

Sumber : Bisnis.com