Advertisement

Dosen Peternakan UGM Jelaskan Kriteria Hewan Ternak yang Layak untuk Kurban

Nina Atmasari
Kamis, 17 Juni 2021 - 22:47 WIB
Nina Atmasari
Dosen Peternakan UGM Jelaskan Kriteria Hewan Ternak yang Layak untuk Kurban Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Hari Raya Iduladha segera tiba. Pada hari tersebut, umat muslim akan menyembelih hewan kurban. Akibatnya, permintaan akan hewan ternak khususnya sapi dan kambing akan meningkat. Ini menjadi salah satu momen yang memberi peluang menguntungkan bagi peternak sapi dan kambing.

Sejalan dengan agenda masyarakat tersebut, edukasi terkait kriteria hewan ternak yang layak untuk kurban dan edukasi tentang perlakuan yang baik terhadap hewan kurban harus diketahui oleh masyarakat, khususnya bagi peternak, supaya dapat memenuhi permintaan pasar.

“Kriteria hewan ternak bagi kurban sangat berkaitan erat dengan tujuan kurban yaitu memberikan yang terbaik,” ujar Panjono, Dosen Fakultas Peternakan UGM, dalam webinar Bincang Desa yang diselenggarakan oleh Desa Apps UGM pada Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Akan Ada Hujan Meteor Ofiukid 19 Juni, Ini Waktu yang Tepat Menyaksikannya

Advertisement

Hewan ternak yang dapat digunakan untuk kurban adalah jantan, dewasa, sehat, tidak kurus, serta tidak cacat. Panjono memaparkan bahwa dalam pemilihan hewan kurban yang dewasa dapat ditandai dengan tumbuhnya gigi seri dari hewan ternak.

Kemudian, dalam penentuan ternak yang sehat dapat terlihat dari rambut mengkilap, mata yang bersih cerah, mulut segar, badan yang bersih, utuh, dan tidak ada luka, gerakan yang lincah, nafsu makan yang baik, serta memamah biak.

“Untuk menentukan kurus gemuknya hewan ternak, rabalah punggung hewan ternak. Jika masih merasakan tulang punggungnya maka hewan tersebut termasuk kategori kurus sedangkan jika empuk artinya gemuk,” imbuhnya, dikutip dari ugm.ac.id.

Baca juga: Festival Dalang Anak dan Remaja Tingkat Kota Jogja Tahun 2021 Digelar

Aspek penting lain yang perlu diperhatikan supaya peternak dapat menghasilkan hewan ternak kurban adalah penampungan hewan kurban yang layak. Penampungan hewan kurban juga harus memperhatikan kesejahteraan hewan, seperti tempat yang nyaman bagi ternak istirahat, terhindar dari terik matahari dan terlindungi dari air hujan, hingga ketersediaan pakan dan air minum yang cukup bagi hewan ternak.

“Hewan ternak yang berada di penampungan lebih rentan terkena penyakit dikarenakan tempat yang tidak nyaman dan pemberian pakan yang kurang rutin,” jelas Panjono.

Dari webinar ini diharapkan dapat menjadi edukasi masyarakat luas untuk mencari hewan kurban yang baik serta bagi para peternak supaya permintaan hewan ternak menjelang Iduladha dapat terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Danais Kembali Dikucurkan untuk Mendukung Program Becak Listrik di 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement