Selain Bangun Pagi, Ini 3 Hal yang Bisa Meningkatkan Produktivitas Hari Anda

Ilustrasi. - Reuters
18 Juni 2021 05:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap orang menyarankan bangun tidur lebih pagi agar memiliki lebih banyak waktu untuk mulai hari dan beraktivitas.

Namun, apakah kita jadi lebih produktif karena memulai hari lebih awal? Ternyata tidak selalu demikian.

Dalam jurnal ilmiah berjudul A Life of Productivity bangun lebih pagi tidak ada kaitannya dengan tingkat produktivitas.

Faktanya, yang membuat seseorang lebih produktif justru cara mempertahankan fokus pada suatu hal yang sedang dikerjakan juga pengaturan manajemen waktu dengan baik.

Tidak harus sampai membuat daftar aktivitas sepanjang hari untuk menjaga fokus. Cukup lakukan tiga hal di bawah ini untuk melatih diri agar bisa produktif sejak pagi hari. Dikutip dari Ruang Guru, berikut tiga cara yang bisa dicontek.

1. Rajin Olahraga

Menurut sebuah penelitian dari departemen psikologi University of Otago, olahraga teratur dapat bantu menjaga produktivitas dan tubuh pun bisa tetap bugar sepanjang hari.

Sebab dengan berolahraga, tubuh akan aktif bergerak dan baik untuk meningkatkan sirkulasi darah sekaligus meningkatkan konsentrasi.

2. Dahulukan Tugas yang Penting

Mulailah beraktivitas dengan mengerjakan tugas-tugas yang penting. Jika memang perlu, bisa dicatat aktivitas apa saja yang menjadi prioritas untuk dikerjakan lebih dulu.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu secara efisien, tugas-tugas yang ada pun bisa selesai satu per satu.

3. Santai Saja

Tidak perlu buru-buru dalam segala hal. Produktif boleh, asal tidak sampai tuntutan harus produktif justru membuat diri melakukan segala sesuatu secara terus menerus.

Bukannya menyelesaikan tugas-tugas dengan baik, yang ada nantinya hidup cuma untuk kerja, kerja, dan kerja saja. Padahal, tanpa disadari, hal yang seperti itu malah menyiksa diri sendiri.

Sumber : Suara.com