6 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Pelembap bibir - Istimewa
19 Juni 2021 00:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Salah satu masalah yang terjadi pada bibir adalah kondisi kering dan pecah-pecah. Hal ini sangat mengganggu apalagi jika disertai pecah-pecah.

Bibir kering biasanya terjadi karena kurangnya kelembaban yang biasanya disebabkan oleh kurang minum air putih, kebiasaan menjilati bibir, menggigit bibir, minum terlalu banyak alkohol, sering mengonsumsi makanan asin atau pedas, terlalu lama terpapar sinar matahari dan penggunaan obat-obatan tertentu.
 
Dokter spesialis kulit dan kelamin di RSPAD Gatot Soebroto, Rita Maria, membagikan beberapa tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, seperti ditulis di laman Instagramnya @dokterkulitbicara, Jumat (18/6/2021).

1.  Gunakan lip balm, lipstick dan produk lain yang non-iritatif di bibir. Jika terasa tidak nyaman seperti panas dan menyengat, berarti terjadi iritasi. Segera hentikan penggunaan.

2. Gunakan lip balm, atau lip moisturizer beberapa kali sehari dan sebelum tidur. Jika bibir Anda sangat kering dan pecah, coba gunakan petroleum jelly putih.

3. Gunakan lip balm dengan kandungan SPF 30 atau lebih sebelum keluar rumah. Bahkan di musim hujan yang jarang ada sinar matahari, bibir harus selalu dilindungi. Matahari dapat membakar bibir yang kering dan pecah dengan lebih mudah, membuatnya semakin parah dan menimbulkan nyeri. dr Rita menyarankan untuk menggunakan lip balm yang mengandung salah satu bahan ini: titanium oxide dan zinc oxide. Oleskan ulang tiap 2 jam jika berada di luar ruangan.

4. Banyak minum air putih. Selain sehat bagi kesehatan tubuh, air putih juga bagus buat bibit.

5. Jangan menjilat atau menggigit bibir, apalagi mengelupaskan sisik kering bibir. Secara alami, orang akan menjilati bibir saat kering namun hal ini justru membuatnya kondisinya semakin buruk. Liur yang dioleskan tadi akan menguap dan membuat bibir bertambah kering. Menggigit atau mengelupaskan sisik di bibir akan membuat bibir menjadi iritasi dan memperlambat penyembuhan.

6. Usahakan untuk tidak menyentuh atau memegang barang-barang dari logam menggunakan bibir, seperti paper clip atau perhiasan, karena dapat mengiritasi bibir yang sensitif.
 
Selain barang-barang dari logam, bahan-bahan seperti camphor, eucalyptus, perasa (cinnamon, citrus, mint dan peppermint), pewangi, lanolin, menthol, octinoxate, phenol, propyl gallate dan asam salisilat harus dihindari kontak dengan bibir.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang bisa membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah yakni minyak biji jarak (castor seed oil), ceramides, dimethicone, minyak biji rami (hemp seed oil), mineral oil, petrolatum, shea butter, titanium oxide atau zinc oxide, serta white petroleum jelly.
 
Dokter Rita menambahkan, apabila dengan tips di atas tidak ada perbaikan setelah 2 hingga 3 minggu, Anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, karena bisa saja Anda mengalami penyakit kulit yang memang perlu didiagnosis dan ditangani lebih lanjut.

Sumber : Bisnis.com