3 Olahraga Ini Bisa Cegah Diabetes

Polisi Filipina sedang peregangan sebelum mengikuti latihan Program Manajemen Pengurangan Berat Badan, di Kamp Crame, Kota Quezon Metro Manila, Filipina - Antara
19 Juni 2021 06:37 WIB Sartika Nuralifah Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi. Sekitar lima juta orang di Inggris telah didiagnosis mengindap diabetes. Sekitar 90 persen dari semua kasus diabetes, disebabkan oleh diabetes tipe 2, di mana hormon insulin tidak bekerja dengan benar.

Namun, dengan olahraga teratur ternyata dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Tetap aktif sangat penting bagi penderita diabetes, karena dengan begitu dapat membantu tubuh menggunakan karbohidrat lebih efisien.

Olahraga sangat penting untuk penderita diabetes tipe 2, karena dengan berolahraga dapat membantu penderita melindungi lonjakan diabetes.

Menurut Dr Sara Kayat dari India, ada tiga jenis olahraga utama yang harus dilakukan setiap orang untuk menghindari gejala diabetes.

Dr Sara mengatakan jika kita menderita diabetes, kita harus menggabungkan tiga jenis latihan yang berbeda. Mulai dari cardio, latihan kekuatan, dan latihan peregangan semuanya harus menjadi bagian dari rutinitas latihan kita. Pastikan untuk menggabungkan ketiganya. Berfokus pada latihan kekuatan saja, misalnya, meningkatkan risiko cedera, yang hanya akan menghambat rutinitas latihan kita dalam jangka panjang.

"Olahraga membantu menstabilkan kadar gula darah kita, ini membantu menyebarkan cara kerja insulin pada kadar gula kita, tetapi juga bekerja dengan memanfaatkan simpanan energi yang ada pada tubuh kita.” Jelas Dr Sara.

Dr Sara mengatakan penting untuk memastikan semua bagian bekerja, lebih baik tidak fokus pada satu, karena kemungkinan berakhir dengan cedera jika kita melakukan hanya pada satu area, dan itu akan membuat kita tidak melanjutkan latihan tersebut.

Sumber : Bisnis.com