Advertisement

AstraZeneca 92 % Efektif Lawan Covid-19 Varian Delta

Nugroho Meidinata
Sabtu, 19 Juni 2021 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
AstraZeneca 92 % Efektif Lawan Covid-19 Varian Delta Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disuntik vaksin Covid-19 AstraZeneca di sebuah apotek di Ottawa, Ontario, Kanada, Jumat (23/4/2021)./Antara - Reuters/Blair Gable

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Menurut Public Health England atau PHE, dua dosis vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca disebut 92 persen efektif melawan varian Virus Corona varian Delta dari India. 

Hal tersebut diungkap oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Jumat (18/6/2021).

Advertisement

Dari data yang disampaikan Reisa, vaksin AstraZeneca mampu mencegah rawat inap dan kematian bagi seseorang yang tertular Covid-19 varian Delta.

Vaksin ini juga menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi terhadap Varian Alpha atau B.1.1.7 yang sebelumnya disebut varian 'kent' Inggris dengan menurunkan 86 persen rawat inap dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

Seperti diketahui, varian Delta adalah kontributor utama gelombang infeksi Covid-19 yang saat ini terjadi di India dan sekitarnya.

"Baru-baru ini menggantikan varian Alpha sebagai strain dominan di Skotlandia dan telah menyebabkan peningkatan kasus yang signifikan di Inggris," ujar Reisa.

Pada kesempatan itu pula, Reisa juga membeberkan hasil kajian dari Balitbang Kemenkes yang mengumumkan vaksin Sinovac efektif mencegah kematian dan bergejala berat.

"Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa vaksinasi Sinovac dosis lengkap bisa menurunkan atau bisa mengurangi risiko Covid-19 sebanyak 94 persen," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement