Tips Merawat Diri untuk Ibu yang Sibuk Beraktivitas

Ilustrasi - Thegloss
21 Juni 2021 23:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Merawat anak Anda adalah tanggung jawab penting orang tua dan tidak ada yang dapat lebih memahaminya selain Anda. 

Tetapi merawat anak sama pentingnya dengan menjaga diri sendiri dan memenuhi kebutuhan fisik dan mental Anda.

Tidak jarang beberapa ibu mengalami kelelahan, baik secara fisik dan mental karena terlalu fokus dengan hal-hal yang ia lakukan. Jika Anda jatuh sakit, siapa yang bisa menjaga anak-anak sebaik Anda?

Fisik dan mental Anda yang sehat, pastinya akan membantu Anda tetap semangat dalam menjalani hari-hari yang penuh dengan segudang aktivitas. Tidak ada salahnya untuk sesekali memanjakan diri Anda.

Melansir Times of India, Senin (21/6/2021), berikut adalah beberapa cara ibu yang sibuk dapat menjaga diri mereka sendiri.

1. Jaga kesehatan fisik

Setelah melahirkan, ingatlah untuk memperhatikan kesehatan dan fisik Anda. Manjakan diri dengan beberapa latihan yoga, olahraga, atau meditasi. Anda bisa bergabung dengan komunitas, atau menontonnya melalui saluran YouTube.
 
2. Kesehatan mental adalah kuncinya

Merawat anak Anda bisa melelahkan. Karena itu, selain kesehatan fisik, ketenangan mental juga penting.
 
3. Manjakan diri Anda dengan istirahat

Beristirahat sesekali bukanlah kejahatan. Kurangi waktu bersantai dan manjakan diri Anda dengan hari spa yang menenangkan atau cukup istirahat.
 
4. Luangkan waktu untuk teman-teman

Buat janji dengan teman-teman Anda. Pergi keluar dan bertemu beberapa teman juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.
 
5.  Terlibat dalam hobi yang berbeda

Bahkan saat melakukan tugas sebagai orang tua, lakukan apa yang Anda sukai. Entah itu menyanyi, menari, memasak atau tampil, luangkan waktu dan lakukan apa yang Anda sukai.
 
6. Lakukan apa yang Anda ingin lakukan

Juga, Anda bisa berbaring dan menonton serial favorit Anda atau mendengarkan musik favorit Anda. Selama periode tersebut, Anda dapat meminta bantuan pasangan Anda untuk menjaga anak-anak.
 
7. Jangan merasa bersalah

Yang paling penting adalah tidak merasa bersalah saat Anda menjaga diri sendiri. Ingat, sampai dan kecuali Anda bahagia, tidak ada orang lain yang akan bahagia.

Sumber : Bisnis.com