Susah Tidur? Bisa Jadi Anda Lelah Secara Mental

Insomnia - boldsky.com
22 Juni 2021 07:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kelelahan mental dapat menyerang siapa saja. Seperti kelelahan fisik, mental Anda juga bisa mengalami kelelahan. Jika kelelahan fisik bisa Anda rasakan pada otot Anda, kelelahan mental bisa Anda rasakan pada pikiran Anda.

Mengutip Halodoc, Senin (21/6/2021) kelelahan mental merupakan kondisi dimana seseorang merasakan kelelahan secara emosional akibat kondisi kehidupannya. Kondisi seperti ini perlu diatasi dengan tepat.

Namun, seringkali orang-orang tidak menyadari bahwa mental mereka mengalami kelelahan. Padahal jika tidak segera ditangani dengan tepat, Anda akan mengalami gangguan mental yang lebih buruk.

Yasi Rezvani, MA dalam Psikologi Klinis dan pelatih kecemasan membagikan tanda-tanda seseorang mengalami kelelahan mental.

-  Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan, bahkan tugas-tugas kecil mungkin tampak luar biasa bagi Anda.
-  Anda sedang dalam suasana hati yang buruk. Anda mudah tersinggung dan kehilangan kesabaran lebih cepat dari biasanya.
-  Anda keluar zona.
-  Anda tidak bisa tidur atau butuh waktu lebih lama dari biasanya untuk tertidur.
-  Anda mulai merasa panik atau khawatir sepanjang waktu.
-  Anda mengalami sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, atau masalah perut.
-  Anda merasa tidak termotivasi atau tidak tertarik pada hal-hal yang biasanya Anda nikmati.

Jika Anda  mengalami tanda-tanda ini, mungkin Anda perlu memeriksakan diri sendiri dan mengambil cuti dari pekerjaan Anda. Tidak apa-apa untuk menjauh dan memberi diri Anda waktu untuk beristirahat.

Namun jika Anda tidak dapat mengajukan cuti dari pekerjaan Anda, Yasi merekomendasikan beberapa cara berikut.

-  Anda mungkin merasa kurang lelah jika Anda mengambil waktu untuk istirahat sejenak selama waktu kerja. Misalnya, atur timer selama 25 menit, focus pada satu tugas sepanjang waktu.

Beristirahatlah selama 5 menit saat timer Anda berbunyi. Setelah blok 25 menit keempat, istirahatlah selama 15 hingga 30 menit. Ulangi sampai tugas Anda selesai.

-  Cobalah untuk menjadi aktif. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa Anda mungkin merasa lebih berenergi  jika berolahraga saat istirahat.

“Cobalah beberapa jumping jack dan peregangan, masing-masing selama beberapa menit atau bahkan Anda dapat berjalan-jalan sebentar,” jelas Yasi di laman Instagramnya @yasirezvani, Senin (21/6/2021).

-  Meditasi. Dengan meditasi, Anda akan belajar mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh Anda.

Sumber : Bisnis.com