10 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah-buahan - kiwiasians.org
23 Juni 2021 01:37 WIB Yuliana Hema Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting di tengah pandemi Covid-19. Selain mengonsumsi vitamin, Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh lewat makanan bergizi.

Makanan bergizi tidak harus mahal. Justru, Anda bisa mendapatkan bahan-bakan makanan paling segar di pasar tradisional.

Perlu diingat, dengan mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Melansir dari Healthline, berikut 10 makanan alami yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C diperkirakan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

2. Paprika Merah
Selain jeruk, paprika merah juga mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C. Paprika Merah juga mengandung beta karoten. Nantinya beta karoten akan diubah tubuh menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

3. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya. Cobalah mengolah brokoli dengan cara mengukus agar nutrisi dalam brokoli tetap terjaga.

4. Bawang Putih
Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Bawang putih dikenal untuk memerangi infeksi. Selain itu bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri pada membantu menurunkan tekanan darah.

5. Jahe
Jahe adalah bahan lain yang banyak digunakan setelah sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan dan penyakit radang. Jahe juga dapat mengurangi rasa sakit kronis dan bahkan mungkin memiliki sifat penurun kolesterol.

6. Bayam
Bayam memiliki kandungan antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh kita. Hindari memasak bayam terlalu lama agar kandungannya tetap terjaga.

7. Yogurt
Yogurt dapat menjadi sumber vitamin D selain matahari. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

8. Pepaya
Pepaya adalah buah lain yang sarat dengan vitamin C. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya memiliki jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

9. Kiwi
Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan satu ton nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

10. Kerang
Sebagian jenis kerang memiliki kandungan zinc yang baik untuk tubuh. Umumnya tubuh manusia membutuhkan zinc agar sel-sel kekebalan tubuh kita dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Sumber : Bisnis.com