Advertisement

Simak, Semua Make Up Akan Kedaluwarsa pada 3 Tahun Setelah Diproduksi

Newswire
Selasa, 29 Juni 2021 - 17:47 WIB
Nina Atmasari
Simak, Semua Make Up Akan Kedaluwarsa pada 3 Tahun Setelah Diproduksi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Seperti produk makanan, produk perawatan kecantikan (make up) juga memiliki batas waktu kedaluwarsa. Banyak orang yang kerap melihat tanggal kedaluwarsa pada makanan, minuman dan obat, tapi sangat sedikit yang memerhatikan kapan kedaluwarsa makeup atau produk kecantikan.

Founder of ESQA - Kezia Toemion mengatakan, produk makeup juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Misal, semua produk makeup buatannya, memiliki periode kedaluwarsa selama 3 tahun sejak diproduksi.

Advertisement

Namun periode kedaluwarsa makeup setelah dibuka dari kemasannya atau period after opening (PAO), punya rentang waktu kedaluwarsa yang berbeda-beda.

Baca juga: Work From Home Bisa Memicu Stres, Cobalah Cara Ini untuk Mengatasinya

"Untuk PAO, setelah dibuka beda-beda dan semua ada tandanya di belakang packaging bisa dicek berapa bulannya. Eye shadow itu 24 bulan, cheek palette itu 24 bulan, brow pencil (pensil alis) 24 bulan, cushion blush itu 24 bulan," ungkap Kezia dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Sementara itu mengutip Healthline, semua produk makeup akan kedaluwarsa setelah 2 tahun pembelian, dan terkadang untuk riasan mata hanya bertahan 3 bulan. Hal ini sangat bergantung pada proses penyimpanan apakah tertutup rapat atau terbuka.

Umumnya jika makeup disimpan di tempat sejuk dan kering, segelnya belum dibuka dan tertutup rapat sebagian besar akan bertahan selama 2 hingga 3 tahun.

Baca juga: Tips untuk Orang Tua, Ini 4 Cara Lindungi Anak dari Covid-19 Varian Delta

Namun perlu diingat, jika produk makeup berbentuk krim atau yang mengandung minyak dan mentega seperti krim concealer atau perona pipi cair bisa kedaluwarsa lebih awal karena minyak bisa berubah 'tengik'.

Produk makeup mengandung minyak ini bisa kedaluwarsa lebih cepat karena biasanya tidak memiliki bahan pengawet yang kuat, bahkan produk makeup tersebut juga bisa rusak meskipun masih dalam keadaan tersegel.

Jadi kesimpulannya, bahan pengawet dalam makeup akan rusak seiring waktu meski masih disegel, sehingga tidak boleh menyimpan produk makeup lebih dari 3 tahun lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement