Penting, Ini yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Belajar Mobil Sendiri Tanpa Kursus

Ilustrasi mengemudi mobil. - Daihatsu
29 Juni 2021 21:37 WIB Dionisio Damara Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Setiap orang yang ingin bisa mengemudikan kendaraan pasti harus melalui fase belajar mengemudi. Belajar mengemudi mobil tak harus dengan mendaftar ke jasa kursus. Anda bisa meminta bantuan kerabat yang telah mahir mengemudi untuk mengajari.

Namun, untuk memulainya tentu ada sejumlah persiapan yang tidak boleh diabaikan, sebab mengemudi merupakan hal yang berkaitan erat dengan keselamatan.

Berikut 3 tips belajar mengemudi secara mandiri, menurut Auto2000:

1. Pelatih yang mahir

Sangat penting untuk pelatih atau instruktur mengemudi Anda sangat mahir dan memiliki SIM A. Selain mengajari sampai bisa, kerabat yang dimintai tolong juga perlu memberi semacam motivasi agar Anda cepat berhasil.

Hindari pengemudi pemula maupun yang tidak mahir dalam mengemudi untuk menjadi instruktur. Pilih kerabat yang memiliki kesediaan waktu dan menguasai berbagai mobil dan transmisi, baik manual maupun matik.

2. Pilih lokasi aman

Jika Anda tidak memiliki izin dari pihak berwajib, maka jangan belajar mengemudi di jalan raya. Pilih area yang aman dan sepi dari keramaian untuk sebagai lokasi belajar mengemudi.

Lokasi seperti lapangan parkir, halaman perkantoran di hari libur, maupun lapangan bola yang kosong bisa menjadi pilihan yang bagus.

Belajar mengemudi di area yang ramai lalu lintas ataupun pejalan kaki juga menyulitkan proses belajar serta menimbulkan potensi bahaya bagi orang lain.

3. Memahami fungsi dan fitur

Sebelum mulai mengemudi, wajib untuk mengenali fungsi dan kegunaan setiap fitur maupun kelengkapan di mobil. Pahami juga cara pengoperasiannya.

Contohnya, fitur AC, paddle shift, rem parkir hingga transmisi. Semuanya perlu dipahami sebelum jalan. Ingat, tidak semua mobil memiliki fitur dan kelengkapan yang sama, demikian juga pengoperasiannya.

Sumber : Bisnis.com