Ini Tips untuk Si Introvert Supaya Punya Teman Lebih Banyak

Ilustrasi - Popsugar
30 Juni 2021 04:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Akan menjadi hal yang sangat menantang, terutama jika Anda merasa nyaman dengan menghabiskan waktu sendiri. Namun jika Anda ingin meluas pertemanan Anda, berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan.

Mungkin bagi seorang Introvert, mencari teman baru dapat terasa sia-sia. Hal ini juga cukup menantang karena membutuhkan beberapa tahapan yang baru. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memperluas lingkung pertemanan Anda. Dilansir dari Bolde, berikut beberapa tahap yang dapat Anda lakukan.

1. Cari teman dengan pemikiran yang serupa

Memang menjadi hal yang menakutkan bagi seorang introvert untuk berteman dengan orang-orang baru. Oleh karena itu, mulailah dengan orang-orang yang memiliki minat atau berpikiran yang sama. Dengan itu, maka akan lebih mudah untuk menemukan hal-hal yang dapat dibicarakan.

2. Cobalah sesuatu yang baru

Dalam menemukan teman, seorang introvert perlu untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal yang baru di lingkungan yang baru. Contohnya yakni mendaftar ke kelas untuk mempelajari kemampuan yang baru, ataupun menjadi sukarelawan. Semakin banyak orang yang kamu temui, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan teman yang baru.

3. Kelola kecemasan Anda dengan hal yang sehat

Jika kecemasan sosial atau kecemasan umum adalah masalah bagi Anda, cobalah untuk mengelolanya dengan cara yang sehat. Dengan mengatasi kecemasan, maka Anda akan melangkah terus maju.

4. Jangan lupakan waktu untuk diri sendiri

Tidak masalah bagi Anda untuk memprioritaskan waktu bagi diri sendiri. Hal ini menjadi penting, terutama jika cara untuk mengisi tenaga diri sendiri adalah dengan meluangkan waktu untuk sendirian. Dengan mengisi tenaga yang baik, maka Anda juga akan menjadi diri Anda yang terbaik juga ketika bersosialisasi dengan teman.

5. Terima undangan ke pesta atau pertemuan

Terkadang dengan datang kepada sebuah pesta atau pertemuan, Anda bisa saja mendapatkan peluang untuk membuat koneksi. Cobalah untuk mengikutinya, dan sesuaikan dengan diri Anda sendiri. Pastikan Anda merasa nyaman, namun di lain sisi Anda juga dapat berusaha untuk bertemu orang baru.

6. Terlibat dalam pembicaraan kecil

Mungkin Anda akan merasa malas untuk basa-basi. Namun pada nyatanya, obrolan ringan dapat menjadi batu loncatan pertama dalam mendapatkan teman baru. Terkadang ada orang yang langsung nyaman untuk mencurahkan keluh kesahnya, namun di lain sisi ada yang ingin memulai dengan obrolan ringan.

7. Ingatlah bahwa Anda disukai

Tidak perlu berpikir apa yang terjadi di masa lalu, ketahuilah bahwa Anda menyenangkan dan layak dalam berteman. Anda juga harus dapat mengetahui, bahwa Anda memiliki sesuatu yang dapat ditawarkan. Jangan terlalu berfokus pada kelemahan Anda, karena tidak ada orang yang sempurna.

8. Lebih baik mencari beberapa teman yang hebat

Mencari teman yang baru secara aktif adalah hal yang baik. Namun Anda perlu ingat bahwa persahabatan adalah mengenai kualitas bukan kuantitas. Carilah teman-teman yang dapat membangun Anda, dan jangan paksakan untuk berteman dengan orang-orang yang buruk.

9. Berusahalah untuk membangun persahabatan baru

Setelah bertemu orang baru, dan melewati percakapan awal, maka hal yang dilakukan berikutnya dengan menghabiskan waktu bersama. Cobalah untuk jalan-jalan, makan malam, berbincang, dan dengan semakin banyak waktu yang Anda habiskan, maka persahabatan akan berkembang secara alami.

Sumber : Bisnis.com