Ingat, Jangan Turunkan Masker ke Dagu, Ini Bahayanya

Warga AS memakai masker - istimewa
30 Juni 2021 16:27 WIB Mutiara Nabila Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kasus Covid-19 melonjak beberapa waktu terakhir. Namun, masih banyak orang yang tidak menggunakan masker dengan benar atau tidak benar cara penyimpanannya.

Salah cara pakai masker justru berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19.

Dokter Adam Prabata mengungkapkan, sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan masker, tapi diturunkan ke dagu ketika sedang tidak digunakan, terutama saat makan dan minum.

Padahal, hal ini ternyata berbahaya.

Berdasarkan penelitian di East Midland Ambulance Service, area dagu dan leher berisiko terpapar atau tertempel droplet yang berisi virus.

Ketika masker ditaruh di dagu, bagian dalam masker akan terkontaminasi.

Di sini droplet yang berisi virus dan menempel di bagian dalam masker berisiko masuk ke hidung atau mulut dan menjadi sumber penularan.

Lalu, bagaimana cara melepas masker ketika sementara tidak digunakan?

Adam menegaskan, agar masker dilepas saja sementara dan disimpan di tempat yang bersih seperti kantong kertas atau kain khusus untuk menyimpan masker, atau disimpan di kantong baju dan celana.

“Menurunkan masker ke dagu saat sedang digunakan merupakan tindakan yang tidak dianjurkan. Masker kain dianjurkan disimpan di kantong kertas, atau bahan kain jala bila dilepas sementara, misalnya saat makan atau minum,” tulisnya pada unggahan Selasa (29/6/2021).

Adapun, untuk melepas masker yang aman, cukup sentuh bagian talinya dan hindari menyentuh bagian masker lainnya.

Pasalnya, bagian luar masker memiliki potensi sudah terkontaminasi virus, dan tangan bisa menjadi perantara penyebaran virusnya masuk ke mulut dan hidung ketika melepas masker.

Selain itu, setelah melepas masker diajurkan jangan langsung menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan sampai bersih.

Sumber : Bisnis.com