Sering Sakit Perut, Waspada Kanker Lambung

Sakit perut - boldsky.com
01 Juli 2021 19:57 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Jika Anda sering merasa sakit perut, cobalah sedikit waspada.

Pasalnya, sasa sakit di dalam perut dapat terjadi dikarenakan sel kanker yang terakumulasi di dalam perut, dan sering terjadi di usia tertentu.

Berdasarkan data dari Cancer Research UK, 50 persen kasus terjadi pada orang berusia di 75 tahun ke atas. Namun di lain sisi, 50 persen lainnya dalam kasus kanker lambung yang didiagnosis pada usia 75 tahun.

Sensasi yang sering terasa dari kanker lambung adalah disfagia. Hal ini terasa ketika anda merasa sulit atau merasa tidak nyaman ketika menelan. Contohnya adalah rasa sensasi terbakar setiap menelan atau terasa sakit, dan dapat memungkinkan makanan menjadi tersangkut di tenggorokan di dada Anda.

Selain itu, ketika anda menderita kanker lambung, Anda kemungkinan juga akan mengalami dispepsia terus-menerus atau gangguan pencernaan.

Berdasarkan data dari National Health Service (NHS), gejala yang akan anda rasakan setelah makan adalah mulas, perasaan terbakar di dada, mual, kenyang dan kembung, sakit, bersendawa, dan terasa pahit ketika makan. Jika perasaan tersebut berlangsung selama 21 hari, maka segeralah menghubungi dokter.

Selain itu, dilansir dari express, berikut gejala lainnya yang dapat menjadi indikasi dari gejala kanker lambung.

1. Penurunan berat badan
2. Sakit perut
3. Sakit di belakang tulang dada
4. Kotoran gelap yang hampir hitam.
5. Serta berbagai gejala yang tidak biasa, dan perlu berkonsultasi dengan pihak medis.

Sebanyak 40 persen kasus pada kanker lambung dapat terjadi dikarenakan adanya infeksi dari Helicobacter (H.pylori). Jika infeksi ini berlaku dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan radang lambung dan tukak lambung.

Mayo Clinic mengatakan bahwa infeksi H.pylori dapat dikonfirmasi dengan menjalani tes darah, tinja dan napas. Untuk melihat dari tanda-tanda infeksi dari H.pylori hampir mirip dengan gejala yang timbul akibat tumor di lambung yakni sebagai berikut.

1. Sakit atau nyeri terbakar di perut
2. Sakit perut yang semakin terasa ketika perut kosong
3. Mual
4. Sering bersendawa
5. Kembung
6. Berat badan menurun karena hilangnya selera makan

Menurut Cancer Research UK, jenis infeksi ini dapat disembuhkan dengan antibiotik. Namun, untuk penanganan yang lebih baik, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : Bisnis.com