10 Tips Agar Penampilan Anda Kelihatan Lebih Bagus Saat Zoom atau Video Call

Zoommeeting. - ANTARA
01 Juli 2021 22:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19, banyak aktivitas dilakukan secara virtual, termasuk pekerjaan. Panggilan video biasanya dilakukan para pekerja kantoran untuk melakukan pertemuan jarak jauh di kala pandemi yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
 
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat Anda melakukan panggilan video bersama rekan kerja atau atasan Anda. Meski terdengar sepele, memerhatikan hal tersebut sangat penting agar Anda terlihat dan terdengar lebih bagus saat melakukan panggilan video, apalagi jika Anda akan melakukan wawancara kerja.
 
Melansir Her World, Kamis (1/7/2021), berikut 10 cara yang bisa Anda lakukan agar terlihat dan terdengar lebih baik saat melakukan panggilan video atau wawancara kerja dari rumah. Semuanya cukup mudah dan beberapa diantaranya tidak dikenakan biaya apapun.
 
1. Pilih latar belakang yang tidak mengganggu

Yang Anda butuhkan di belakang Anda hanyalah dinding kosong, dengan sedikit bunga – seperti mungkin vas bunga atau beberapa buku. Periksa tidak ada yang kontroversial di belakang Anda, seperti pintu terbuka ke kamar mandi. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mencoba mengganti menggunakan fasilitas virtual background yang tersedia pada Zoom atau Google Meet.
 
2. Hindari duduk membelakangi  jendela

Karena cahaya yang mengalir dari belakang Anda mengubah Anda menjadi siluet hitam. Ini dapat membuat rekan Anda tidak dapat melihat wajah Anda. Lebih baik duduk menyamping ke jendela, atau cahaya jendela menyinari wajah Anda, dari depan Anda.
 
3. Posisikan laptop Anda setinggi wajah Anda

Menumpuknya di tumpukan buku tidak masalah. Itu membuat mengetik lebih sulit tetapi tidak terlalu mengganggu daripada melihat ke atas hidung Anda. Juga dengan memposisikan laptop setinggi wajah Anda (dan kamera di dalamnya) secara instan membuat Anda terlihat lebih tinggi dan lebih elegan.
 
4. Lihat lensa kamera, bukan wajah sendiri di pojok layar

Sulit untuk tidak menatap gambar video Anda sendiri – tetapi ketika Anda melakukannya, sepertinya Anda sedang berbicara dengan orang lain, saat mata Anda menjauh dari kamera. Berusahalah secara sadar untuk melihat ke dalam lensa, agar terlihat penuh perhatian dan alami.
 
5. Perhatikan rambut dan riasan Anda

Jika Anda mengalami rambut kusut, Anda bisa merapikannya dengan sedikit gel, atau menyemprotkan hairspray pada sisir dan menghaluskan bagian yang kusut.
 
Zona T yang mengkilap juga bisa sangat mengganggu, karena cahaya memantul dari area wajah Anda. Jadi jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan oil blotter dan bedak wajah sebelum video call. Kamera cenderung mengaburkan warna kulit Anda, jadi mengoleskan lipstik dan menambahkan garis tipis eyeliner di dekat bulu mata bagian atas akan membantu agar mata Anda menonjol. Jika Anda memiliki mata yang lebih kecil, coba tambahkan garis tipis eyeliner glitter di bawah mata Anda. Cahaya memantulkan kilau, dan membuka mata Anda.
 
Tujuannya adalah untuk memakai riasan yang cukup sehingga Anda terlihat rapi, tetapi tidak terlalu terlihat berlebihan – cobalah melakukan panggilan video dengan seorang teman, sehingga dia dapat memberitahu Anda bagaimana penampilan Anda.
 
6. Letakkan lampu di depan Anda, sedikit di atas tinggi bahu Anda

Kamera memperbesar setiap bayangan di wajah Anda. Perbaikan sederhana adalah dengan meletakkan lampu meja Anda sendiri di depan Anda, diseimbangkan di atas tumpukan buku sehingga menyinari wajah Anda.
 
7. Gunakan ring light agar terlihat lima tahun lebih muda

Ring light menciptakan cahaya keputihan yang rata, merata, yang mengaburkan garis-garis halus, bintik hitam, dan kantung mata. Karena itulah ring light sering digunakan oleh para fotografer, influencer, dan vlogger.
 
Ring light clip-on kecil dapat ditemukan dengan harga murah di platform belanja online. Cukup klip ke ponsel cerdas Anda atau pasang di atas layar laptop Anda. Lampu kecil ini dirancang untuk selfie sehingga hanya menerangi wajah dan bahu Anda, tetapi masih lebih bagus daripada hanya menggunakan lampu ruangan biasa. Mereka juga sangat mudah digunakan, dan klem lembut tidak akan menggores ponsel Anda.
 
Ring light yang lebih besar yang dipasang pada tripod sangat bagus jika Anda sering melakukan panggilan video.
 
Anda dapat membeli lampu yang dipasang pada tripod kamera, atau membeli lampu yang dilengkapi dengan tripodnya sendiri. Tripod tinggi lebih mudah dimiringkan di atas wajah Anda.
 
8. Gunakan mikrofon eksternal untuk suara yang lebih jernih

Laptop dilengkapi dengan mikrofon internal, tetapi tidak luar biasa. Jadi, jika Anda berbicara di ruangan kosong, atau ruangan memiliki lantai keramik, pendengar Anda akan mendengar gema yang mengganggu.
 
Anda bisa mendapatkan headset dengan mikrofon terpasang. Cukup colokkan kabelnya ke port kecil di laptop dengan ikon mikrofon. Semua orang dapat mendengar Anda lebih jelas, dan headset membantu meredam suara bising dari luar.
 
9. Atau sambungkan dengan mikrofon video eksternal

Jika Anda tidak ingin mengacaukan rambut Anda dengan headset, cukup gunakan mikrofon video eksternal. Colokkan ke lubang di laptop dengan ikon mic dan itu akan menarik perhatian laptop Anda di dudukannya sendiri. Mikrofon ini dirancang untuk videografi, tetapi berfungsi sangat baik untuk panggilan video.
 
10. Pakai mikrofon kecil untuk ponsel Anda

Jika Anda sering menggunakan ponsel untuk panggilan video, Anda bisa mendapatkan mikrofon kecil seukuran lipstik yang dicolokkan ke ponsel Anda. Kualitas suaranya jauh lebih baik daripada mic di earphone biasa. Tambahkan sedikit adaptor jika Anda perlu menghubungkan mikrofon ke iPhone.
 
Tingkatkan dan sesuaikan pengaturan video ponsel atau webcam Anda dengan aplikasi yang dapat mencerahkan video, meningkatkan warna kulit, atau menghilangkan cacat kulit secara halus. Skype, Google+ menawarkan filter gratis, dan iMessage menawarkan filter gratis dengan iPhone X.
 
Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat mencoba aplikasi iGlasses, yang memungkinkan Anda menyesuaikan pencahayaan, saturasi, kecerahan video, dan sebagainya. 

Sumber : Bisnis.com