Ini 5 Makanan yang Cepat Meningkatkan Mood

Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa
02 Juli 2021 07:37 WIB Sartika Nuralifah Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Korelasi antara kesehatan mental dan nutrisi penting untuk dipahami. Makanan bergizi dan sehat, memiliki diet seimbang dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental kita dan melawan depresi.

Meskipun suasana hati Anda dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor karena stres, kurang tidur, atau kekurangan nutrisi, berikut adalah 5 makanan yang dapat Anda makan untuk meningkatkan suasana hati dan menghindari rasa rendah diri seperti dilansir dari PinkVilla :

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak terdiri dari asam lemak omega-3 yang membantu melawan depresi. Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan meningkatkan perubahan suasana hati Anda.

2. Coklat hitam

Cokelat hitam tidak hanya terasa enak untuk dimakan, tetapi juga kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan zat kimia rasa enak di otak Anda. Ini tentu melepaskan kadar endorfin dan serotonin yang terkait dengan suasana hati yang bahagia.

3. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6 yang membantu melepaskan zat kimia dopamin dan serotonin dalam tubuh Anda. Mereka langsung memberi energi Anda dan meningkatkan suasana hati Anda membuat Anda merasa segar dan terkendali. Pisang menjaga kadar gula darah dan suasana hati tetap stabil.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah pilihan yang cocok untuk camilan sehat. Mereka bagus untuk dikunyah sebagai kudapan tengah malam atau sebagai lauk. Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu menurunkan risiko depresi dan membantu perkembangan sel-sel otak Anda.

5. Gandum

Oat adalah makanan sarapan yang enak dan bisa dimakan bersama pisang sebagai sereal dalam susu Anda. Mereka adalah penguat suasana hati instan yang luar biasa dan mereka dapat membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari. Anda juga bisa memakannya di malam hari sebelum tidur untuk tidur malam yang nyenyak.

Sumber : JIBI/Bisnis.com