Wajib Dicoba, Ini 5 Resep Berbahan Kopi

Seorang pekerja di salah satu kedai kopi. - Bloomberg
04 Juli 2021 13:27 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Jika kopi adalah bagian dari hidup Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba berkreasi dengan resep ini.

Dari makanan penutup yang diresapi cokelat hingga overnight oats, Anda bisa mendapatkan kafein sepanjang hari dengan resep kopi yang mudah ini, seperti dilansir dari Eat This, Not That, Jumat (2/7/2021).

Sensasi menikmati kopi akan jadi lebih menyenangkan!

1. Kue Meringue Kopi dan Cokelat Rendah Kalori

Bahan:
2 putih telur
2 sdt kristal kopi instan
1/2 sdt ekstrak vanila
1/8 sdt krim tartar
2/3 cangkir gula pasir
1/3 cangkir keping cokelat mini

Cara membuat:

Panaskan oven hingga 149 ° C. Lapisi dua loyang dengan kertas roti atau alas kue silikon. Dalam mangkuk pencampur sedang, kocok putih telur, kopi instan, vanila, dan krim tartar dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga puncak lembut (tips curl).
Tambahkan gula pasir, 1 sdm sekaligus, kocok hingga kaku. Lipat dalam keping coklat.

Jatuhkan campuran dengan sendok teh bulat 2 inci terpisah di atas loyang yang sudah disiapkan. Panggang selama 20 menit atau sampai keras dan bagian bawahnya berwarna kecokelatan. Pindahkan meringue ke rak kawat dan biarkan dingin.

2. Granita Espresso Rendah Kalori

Bahan:
2 cangkir espresso atau kopi yang diseduh dengan sangat kuat, hangatkan
12 cangkir gula pasir

Topping kocok ringan (Jika Anda punya waktu dan tidak keberatan dengan tambahan 50 kalori, krim kocok segar adalah yang terbaik. Kocok secangkir krim kental dalam mangkuk pencampur logam dingin dengan satu sendok makan gula sampai terbentuk puncak lunak.)
1⁄2 cangkir cokelat hitam serut.

Cara membuat:

Campurkan espresso dengan gula dan aduk hingga gula larut. (Jika espresso sudah dingin, Anda mungkin perlu memasukkannya ke dalam microwave selama 45 detik untuk membantu gula larut). Tuang campuran ke dalam loyang logam dangkal (harus ada sekitar satu inci cairan) dan masukkan ke dalam freezer. Setelah 15 hingga 20 menit, saat campuran mulai membeku, keluarkan piring dari freezer dan gunakan garpu untuk mengikis kristal es yang terbentuk di permukaan.

Pengikisan yang hati-hati akan membantu Anda mendapatkan granita yang ringan dan hampir lembut, bukan granit yang tebal dan dingin. Ulangi langkah ini setiap 30 hingga 45 menit sekali sampai granita benar-benar beku. Untuk setiap sajian, masukkan satu sendok kecil granita ke dalam gelas anggur dingin, taburi dengan sesendok topping kocok dan sedikit cokelat, lalu ulangi dengan lapisan kedua.

3. Brownies Keto Latte Swirl Dekaden

Bahan:
1 paket keju krim 3 ons
3 sdm bubuk erythritol
1 kuning telur
1/2 cangkir mentega
3 ons cokelat hitam (85 persen hingga 90 persen), cincang
1 cangkir bubuk erythritol
2 telur
1 sdm espresso instan atau bubuk kopi
1 sdt vanila
1/4 sdt garam
2/3 cangkir tepung almond
1/4 cangkir bubuk kakao alami

Cara membuat:

Panaskan oven hingga 176 ° C. Lapisi loyang berukuran 9x9 inci dengan foil, memanjangkan foil di atas tepi loyang. Olesi sedikit kertas timah dengan minyak kelapa atau mentega; sisihkan.

Dalam mangkuk pencampur kecil, kocok keju krim dan tiga sendok makan erythritol dengan mixer pada sedang-tinggi hingga tercampur. Kocok kuning telur; sisihkan.

Dalam panci sedang, lelehkan mentega dan cokelat dengan api kecil, aduk terus. Masukkan 1 cangkir erythritol, 2 butir telur, bubuk kopi, vanila, dan garam. Aduk tepung almond dan bubuk kakao hanya sampai digabungkan. Oleskan adonan secara merata ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Sendok campuran keju krim dalam gundukan kecil di atas adonan. Dengan menggunakan tusuk gigi atau ujung pisau, aduk campuran krim keju ke dalam adonan brownies.

Panggang 25 menit atau sampai bagian atas terasa kencang dan pusaran berwarna cokelat muda. Dinginkan di loyang di rak kawat 1 jam. (Brownies akan mengeras saat didinginkan.) Gunakan foil untuk mengangkat brownies yang belum dipotong dari loyang. Potong menjadi 16 kotak.

Simpan brownies sisa di lemari es hingga 4 hari atau bisa Anda bekukan hingga 3 bulan.

4. Overnight Oats Espresso

Bahan:
a.Kering
1 cangkir oat gulung
1 sendok makan biji chia
sejumput garam laut

b. Basah
3/4 cangkir susu almond, tanpa pemanis
1/2 cangkir cold press yang kuat atau kopi yang diseduh
2 sendok makan sirup maple
1 sendok teh ekstrak vanila vanilla

c. Kurma Karamel
4 kurma Medjool diaduk (semakin lembut semakin baik!)
sejumput garam

Air

Cara membuat:

a. Untuk Oat
Pertama, campur semua bahan kering menjadi satu dalam mangkuk besar. Tambahkan bahan basah dan aduk kembali. Tempatkan di lemari es, tertutup, selama minimal 2 jam atau semalam. Sajikan dingin.

b. Untuk Kurma Karamel
Masukkan 4 kurma Medjool ke dalam food processor berkecepatan tinggi. Proses dengan kecepatan tinggi hingga menjadi bubur. Tergantung pada seberapa lunak kurma Anda, Anda mungkin perlu menambahkan air. Tambahkan dengan 1/2 sendok teh.

5. Kopi Soda

Bahan:
1 bagian kopi seduh dingin
2 bagian air soda

Es

Cara membuat:
Isi gelas dengan es. Kemudian tuangkan kopi dingin dan air soda. Anda bisa menggunakan air soda rasa, soda klub, atau bahkan bir jahe.

Sumber : JIBI/Bisnis.com