Advertisement

5 Penyakit dan Kondisi Ini Membuat Anda Selalu Merasa Haus

Sartika Nuralifah
Selasa, 06 Juli 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
5 Penyakit dan Kondisi Ini Membuat Anda Selalu Merasa Haus Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Matahari yang terik di luar ruangan menyebabkan kehilangan air yang berlebihan dalam bentuk keringat, yang membuat kita minum lebih banyak cairan daripada yang biasanya kita lakukan di musim lainnya.

Selain itu, olahraga yang intens dan asupan makanan pedas dan berlemak juga bisa membuat Anda membuang banyak air dalam sehari. Ini merupakan indikasi bahwa tubuh Anda kekurangan air dan Anda perlu mengisi ulang agar organ-organ tersebut dapat melanjutkan pekerjaannya tanpa gangguan.

Advertisement

Tetapi jika Anda terus-menerus mengisi ulang gelas air Anda tanpa alasan yang kuat, maka itu bisa menjadi pertanda masalah kesehatan lainnya.

Beberapa kondisi kesehatan dapat membuat Anda merasa kering sesekali. Tanda-tanda dehidrasi karena kondisi medis juga bisa disertai dengan kelelahan. Berikut ini lima penyakit yang membuat anda selalu haus.

1. Diabetes

Ketika sel-sel dalam tubuh Anda menjadi resisten terhadap insulin, ginjal Anda harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah Anda. Ini meningkatkan intensitas Anda ke kamar kecil. Akibatnya, Anda merasa kering dan ingin minum lebih banyak cairan dari sebelumnya. Sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan adalah dua tanda awal diabetes.

2. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membuat hemoglobin. Ini dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti pola makan yang buruk atau pendarahan hebat. Dehidrasi adalah tanda umum anemia. Tanda-tandanya lebih menonjol ketika Anda menderita anemia berat. Gejala lain dari kondisi ini termasuk pusing, kelelahan, berkeringat dan lain-lain.

3. Hiperkalsemia

Hiperkalsemia adalah suatu kondisi di mana kadar kalsium dalam tubuh meningkat ke tingkat yang berbahaya. Ini mungkin terjadi karena kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, TBC dan kanker. Merasa haus mungkin merupakan gejala pertama hiperkalsemia. Jumlah kalsium yang berlebihan dalam darah dapat melemahkan tulang dan membuat batu ginjal.

4. Mulut kering

Ketika kelenjar ludah tidak membuat air liur yang cukup, itu mungkin membuat Anda merasa sangat haus. Ini dapat terjadi karena beberapa obat atau perawatan seperti kanker atau kebiasaan gaya hidup seperti penggunaan tembakau. Gejala lain dari mulut kering mungkin termasuk bau mulut, perubahan rasa, gusi teriritasi dan kesulitan mengunyah.

5. Kehamilan

Ada beberapa tanda kehamilan dan perasaan kering adalah salah satunya. Selama trimester pertama, volume darah meningkat yang memaksa ginjal untuk membuat kelebihan cairan yang membuat Anda buang air kecil. Kehilangan air dari tubuh membuat Anda haus, yang merupakan indikasi bahwa Anda perlu mengisi kembali jumlah air yang hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement