8 Makanan Ini Bikin Kulit Tetap Awet Muda

Wajah awet muda - Istimewa
07 Juli 2021 23:27 WIB Anissa Putri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kulit kencang saat muda bisa saja tergerus umur. Penuaan menjadi masalah yang sering terjadi dalam kehidupan manusia dan muncul seiring dengan berjalannya waktu.

Saat penuaan terjadi, maka kulit akan mengalami bintik hitam, kulit tidak merata, kerutan dan akan muncul tanda-tanda penuaan lainnya. Kulit mungkin akan menjadi kering dan kehilangan pancarannya. 

Ada beberapa faktor yang mendukung cepatnya muncul tanda-tanda tersebut. Namun, dengan makan makanan yang sehat dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan. Melansir dari doctor.ndtv.com, Rabu (7/7/2021) berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi demi mencegah penuaan kulit.

1. Alpukat

Makanan pertama dan terpenting yang penting untuk anti-penuaan adalah alpukat. Alpukat sangat kaya dengan vitamin C, E, B, A, K dan memiliki banyak asam lemak tak jenuh yang bertanggung jawab untuk produksi lapisan lipid pada kulit.

2. Minyak zaitun

Molekul penting kedua adalah minyak zaitun. Minyak zaitun memainkan peran besar dalam menghilangkan dan mengais radikal yang ada di dalam tubuh, yang pada gilirannya mengurangi penuaan.

Minyak zaitun terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal dan memiliki sifat anti-inflamasi. Juga, minyak zaitun paling berguna untuk pasien yang menderita obesitas, radang sendi, dll.

3. Berry

Blueberry dan cranberry adalah sumber vitamin E dan vitamin C yang bagus dan juga memiliki arbutin yang bertanggung jawab untuk mengencangkan kulit dan membuat kulit menjadi cerah, menghilangkan bintik hitam dan membuat warna kulit lebih merata. Hal ini juga penting untuk anti-penuaan karena molekul ini sangat kaya dan mengandung banyak antioksidan di dalamnya.

4. Pepaya

Pepaya kaya dengan berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium dan juga sumber yang kaya vitamin E dan C. Selain itu, pepaya juga mengandung papain. Papain pada dasarnya adalah enzim aktif yang ada dalam pepaya dan sebagian besar ada di semua produk kecantikan dan kosmetik.

Papain memiliki sifat anti-inflamasi serta sifat antioksidan yang memberikan cahaya sempurna. Pepaya juga memberikan kekencangan dan kekencangan yang luar biasa karena kapasitas antioksidan yang besar.

5. Yoghurt

Yogurt selain menjadi sumber protein yang sangat kaya, juga sangat kaya akan asam laktat yang bertanggung jawab untuk membentuk asam alfa hidroksi yang membantu Anda mendapatkan cahaya yang bagus untuk kulit Anda. Juga, karena kandungan proteinnya, Yogurt membantu Anda mengurangi garis-garis halus dan membantu mengencangkan kulit.

Yogurt juga mengandung banyak vitamin yang sangat penting dan juga bisa sangat berguna untuk menurunkan berat badan karena banyak probiotik di dalamnya yang juga membantu orang yang memiliki masalah pencernaan.

6. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai makanan super terutama untuk anti-penuaan. Brokoli sangat kaya akan vitamin C dan K yang sangat membantu dalam produksi kolagen.

7. Lemon dan Jeruk

Buah-buahan ini sangat kaya akan vitamin C. Buah jeruk pada dasarnya dikenal sebagai faktor penambah kekebalan tubuh dan juga untuk efek anti-inflamasi yang bertanggung jawab untuk merusak efek radikal bebas yang dimiliki tubuh. Buah ini juga memberikan kulit cerah dan bercahaya setelah dikonsumsi secara teratur.

8. Ikan

Ikan sangat penting untuk kulit, terutama ikan salmon. Salmon adalah sumber yang sangat kaya antioksidan serta asam lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, salmon juga mengandung astaxanthin yang dikenal dengan sifat anti-penuaan.

Astaxanthin bertanggung jawab untuk mencerahkan, mengencangkan dan mengencangkan kulit dan juga membantu dalam produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit secara keseluruhan dengan menginduksi antioksidan.

Sumber : Bisnis.com