Ini Tujuh Cara Menghentikan Overthinking

Terlalu banyak berpikir atau overthinking hanya membuat pikiranmu tidak mencari titik terang. - Ilustrasi/eharmony
10 Juli 2021 05:17 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan atau biasa disebut overthinking memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut SehatQ, Jumat (9/7/2021), sebuah studi yang dilakukan Universitas Michigan ditemukan 73 persen dari usia 23-35 tahun sering melakukan kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Begitu juga dengan 62 persen dari usia 45-55 tahun.

Berdasarkan studi tersebut, memikirkan sesuatu secara berlebihan adalah bentuk kebiasaan yang tidak baik atau tidak sehat dan memberikan dampak pada kesehatan mental di kemudian hari.

Adapun seorang profesor klinis mengatakan, memikirkan sesuatu secara berlebihan bisa membuat insting tidak bekerja secara maksimal dan berujung pada salah mengambil keputusan.

Mengingat buruknya kebiasaan itu, berikut ini 7 tips menghentikan overthinking seperti dilansir Times of India, Jumat (9/7/2021)

  1. Tanyakan pada diri sendiri

Terlalu banyak berpikir dan hanya kembali pada pemikiran yang sama hanya membuat pikiranmu tidak mencari titik terang. Lebih baik, kamu bertanya pada diri sendiri apakah itu merupakan hal yang produktif.

  1. Tingkatkan kemampuan pemecahan masalah

Ketika memiliki waktu luang, carilah cara untuk memperkaya kemampuan pemecahan masalah. Pikirkan cara bagaimana kamu dapat mencegah munculnya situasi tertentu atau jika kamu telah menempatkan diri dalam masalah, pikirkan bagaimana cara mengatasinya.

  1. Alihkan perhatian ke hal-hal yang lebih penting

Daripada berkutat pada pemikiran yang tidak menghasilkan manfaat, alihkan perhatian dengan kegiatan yang produktif dan akan bermanfaat dalam jangka panjang. Habiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga atau lakukan kegiatan yang menarik minatmu.

  1. Lihatlah gambar yang lebih besar

Beberapa masalah tidak peduli seberapa kecil mereka mungkin tampak sangat mengganggu. Namun, jika kamu belajar untuk melihat gambaran yang lebih besar, kamu akan menyadari, dalam beberapa tahun, itu bahkan tidak masalah.

Jika itu adalah sesuatu yang dapat diubah, kamu harus melakukannya tanpa khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang dirimu. Terlalu banyak berpikir hanya akan melemahkan kemampuan untuk bertindak.

  1. Berlatih pernapasan dalam atau bermeditasi

Terkadang yang kamu butuhkan hanyalah pernapasan dalam dan meditasi. Alih-alih berpikir berlebihan dan membuat pikiranmu menderita, ambil napas dalam-dalam dan biarkan pikiran dan tubuhmu condong ke arah kedamaian.

Dengan cara ini, pikiran akan bebas dari semua konflik dan kamu akan merasa lebih santai dan siap untuk mengatasi masalah.

  1. Hargai kesuksesan

Ketika orang terlalu banyak berpikir, mereka kehilangan semua kewajaran. Untuk berhenti melakukan itu, akui pencapaian dan kesuksesanmu. Caranya dengan melatih cinta diri dan hargai kerja keras yang telah kamu lakukan.

  1. Bercerita dan mencari bantuan

Terkadang cara terbaik untuk menghindari overthinking adalah dengan mengeluarkan semua emosi. Caranya dengan berbagi perasaan dengan orang lain dan mengomunikasikan semua masalah dengan orang-orang terdekat.

Cara ini akan membuat hati dan pikiranmu terasa sedikit lebih ringan. Selain itu, cara ini juga dapat membantu untuk mendapatkan perspektif baru tentang masalah.

Sumber : JIBI/Bisnis.com