Begini Cara Menaikkan Kadar Oksigen Secara Alami

Ilustrasi oximeter - Stanley Ng/Pexels
12 Juli 2021 15:07 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Darah di dalam tubuh dapat memberikan oksigen ke semua sel-sel. Oksigen juga membantu sistem kekebalan.

Saat Anda bernapas dan menghirup oksigen, sel darah mengikat oksigen dan kemudian membawa kedalam aliran darah Anda. Tingkat oksigen dapat membantu anda untuk menggantikan sel-sel yang kurang baik, memberikan energi, mendukung sistem kekebalan Anda dan manfaat lainya.

Salah satu alat untuk mengukur saturasi oksigen adalah dengan alat oximeter. Oximeter adalah perangkat kecil yang dapat menjepit jari Anda atau again tubuh lainnya, dan menentukan rasio sel darah merah yang membawa oksigen ke bagian yang kosong.

Oximeter tidak sepenuhnya akurat, dan terkadang terdapat kesalahan dalam membaca. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi adalah sebagai berikut.

1. Gerakan tubuh
2. Beberapa jenis pencahayaan
3. Pigmentasi kulit
4. Cat kuku
5. Pewarna intravena
6. Paparan karbon monoksida

Dengan mengetahui tingkat oksigen darah Anda, maka juga dapat membantu mengetahui seberapa baik paru-pari, jantung dan sistem peredaran darah Anda dalam bekerja.

Tingkat oksigen yang baik terutama bagi orang sehat yakni berkisar 95% hingga 100%. Hal ini menunjukan bahwa hampir semua sel darah dapat membawa oksigen ke sel dan jaringan Anda.

Untuk meningkatkan tingkat oksigen, berikut cara-cara alami yang disarankan oleh WebMD.

1. Buka jendela atau keluar untuk menghirup udara segar

Hal sederhana ini dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa tubuh Anda, dan meningkatkan kadar oksigen darah secara keseluruhan. Hal ini dapat memiliki manfaat lain seperti membantu pencernaan yang lebih baik dan lebih banyak energi.

2. Berhenti merokok

Dengan waktu dua minggu terbebas dari rokok, banyak orang menemukan bahwa sirkulasi dan kadar oksigen mereka meningkat secara signifikan. Dungsi paru-paru dapat meningkat hingga 30% dalam waktu singkat.

3. Menanam pohon

Tanaman hias telah terbukti membantu membersihkan udara di dalam ruangan. Tanaman hias dapat menghilangkan karbon dioksida dan mengisi kembali tingkat oksigen ruangan.Hal ini membantu memproduksi lebih banyak oksigen untuk diserap tubuh Anda.

4. Latihan pernapasan

Pakar rehabilitasi paru merekomendasikan untuk melakukan latihan pernapasan sederhana seperti dengan pernapasan bibir dan pernapasan perut. Hal ini dapat membantu anda untuk membuka saluran udara Anda, dan meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh Anda.

Jika Anda memiliki kadar oksigen yang terlalu rendah, dokter mungkin akan memberikan Anda oksigen tambahan. Terapi ini dapat memberikan Anda jumlah oksigen yang lebih tinggi dibandingkan di udara ruangan normal, yang tentunya dapat membantu meningkatkan kadar oksigen darah Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis.com