CEK FAKTA: Benarkah Air Kelapa Obati Covid-19?

Ilustrasi. - Freepik
12 Juli 2021 16:37 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Tingginya kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga sulitnya mengakses layanan rawat inap atau shelter membuat masyarakat mulai mencari cara alternatif untuk melindungi diri dari keganasan virus ini. Salah satunya dengan mengonsumsi buah kelapa yang airnya dianggap mampu mencegah dan memulihkan infeksi Covid-19. Benarkah air kepala dapat menjadi obat untuk mengusir virus Covid-19? 

Ditilik dari kandungannya, air kelapa memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh di antaranya Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Zat Besi, Fosfor dan Sulfur. 

Kandungan mineral yang kaya ini yang membuat air kelapa sudah sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sejak turun temurun. Namun, terkait fenomena air kelapa yang dianggap mampu membantu pemulihan pasien Covid-19, dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, kembali menegaskan hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat, walaupun mungkin saja bisa meningkatkan imunitas dari kandungannya. 

“Jadi jika dia merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif, yang pertama kemungkinan memang orang ini sudah menjalankan pengobatan yang dianjurkan," paparnya pada keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (7/12/2021).

Menurutnya, tidak selalu pengobatan bersifat spesifik terhadap Covid-19, tetapi mungkin diberikan juga obat-obatan yang sifatnya suportif oleh dokter. Kemudian yang kedua, mereka sudah menjalani diet seimbang yang sifatnya memang mendukung penyembuhan. Juwalita mengajak untuk menelaah lebih jauh kandungan nutrisi yang dimiliki air kelapa. Pada air kelapa 94% isinya air, 5% karbohidrat yang terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02% protein dan sebagian kecil sekali lemak. 

Jika kita lihat kandungan micronutrient, memang kandungannya sangat menonjol pada air kelapa, terutama Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Vitamin B, terutama B6 dan Folat sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan. Juwalita menyatakan jika sistem imunitas sebetulnya sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernafasan, bulu-bulu getar di saluran pernafasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit. Jika melihat perannya, Vitamin B6 ini perannya banyak sekali di dalam sistem imun.

 

"Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B mereka. Kebetulan Vitamin B itu memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh, jadi reaksi kimia di dalam tubuh itu banyak didukung oleh Vitamin B,” tutup Dokter Juwalita.

Sumber : Bisnis.com