Advertisement

Ini 5 Kebiasaan Sederhana Agar Rumah Anda Tetap Bersih dan Rapi

Newswire
Selasa, 13 Juli 2021 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
Ini 5 Kebiasaan Sederhana Agar Rumah Anda Tetap Bersih dan Rapi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Bagi sebagian orang, membersihkan rumah menjadi satu hal yang berat untuk dilakukan. Padahal, hanya melakukan beberapa langkah sederhana ke dalam rutinitas harian dan mingguan dapat menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Rumah tetap bisa bersih tanpa harus menyedot debu setiap hari atau mencuci pakaian terus-menerus. Berikut ini adalah kebiasaan sederhana yang ternyata bisa menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Bisa kalian contek, nih!

Advertisement

  1. Jangan Biarkan Kekacauan Kecil Menumpuk
    Hal sederhana pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah segera bereskan kekacauan kecil yang muncul di hadapan kalian. Dengan begitu, kalian bisa mencegah barang-barang menjadi menumpuk tidak beraturan, sehingga tidak akan menciptakan kekacauan besar.
  2. Minimalkan Barang-barang yang Terlihat
    Sering kali faktor terbesar yang berkontribusi pada kekacauan adalah mengabaikan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu terlihat. Jika kalian tidak membaca majalah di meja samping tempat tidur atau jika barang-barang di meja rias tidak sesuai, maka kalian bisa langsung menyembunyikannya. 
  3. Bersihkan Peralatan Saat Memasak
    Jangan menunggu untuk membersihkan dan merapikan kekacauan di dapur sampai setelah makan. Hal ini akan membuat kalian malas dan tidak jadi mengerjakannya. Namun sebaliknya, bersihkan segala sesuatu di sekitar kalian sembari menunggu masakan akan matang. Dengan begitu, kalian akan makan dengan tenang dan santai, karena kondisi dapur yang sudah bersih. 
  4. Bersih-bersih Sebelum Tidur
    Kalian juga bisa membuat rutinitas untuk melakukan pembersihan yang dilakukan bersama keluarga selama 15 menit setiap malam sebelum tidur. Misalnya membersihkan kamar tidur, atau melakukan pekerjaan rumah tangga kecil lainnya. Selain itu, kalian juga bisa membersihkan dapur, atau melipat dan menyimpan pakaian
  5. Melakukan Pekerjaan Besar pada Suatu Hari
    Kalian bisa menentukan jadwal pembersihan besar-besaran pada suatu hari. Seperti pada kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, dan ruangan lainnya. Dengan melakukan cara ini, maka kalian bisa tetap menjaga rumah agar tetap bersih dan proses pembersihan tidak memakan waktu berjam-jam.

Tertarik untuk mencoba kelima kebiasaan sederhana di atas? Kalian bisa mulai dari yang paling mudah untuk dilakukan terlebih dahulu. Jika konsisten, maka lihatlah perubahan yang akan terjadi pada rumah kalian. Rumah akan tetap bersih dan rapi dengan hanya melakukan kebiasaan sederhana di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement