Anda Sudah Vaksin? Ini Cara Download Sertifikatnya

Ilustrasi - sertifikat vaksinasi - Bisnis/sae
13 Juli 2021 14:07 WIB Meuthia Novianthree Nafasya Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi Anda yang telah menyelesaikan vaksinasi Covid-19, Anda bisa menganses sertifikat vaksinasi Covid-19 dengan mengunduh melalui aplikasi atau website PeduliLindungi. 

Kementerian Kesehatan melalui akun media sosialnya menginformasikan cara memeriksa status dan mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui PeduliLindungi apabila tidak mendapatkan SMS pemberitahuan dari 1199. 

“#Healthies, jika kamu telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 maka kamu akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari 1199. Bagaimana jika tidak mendapatkan SMS?"

Tenang, kamu bisa cek status ataupun unduh sertifikat vaksinasi melalui aplikasi maupun website Peduli Lindungi di https://pedulilindungi.id/,” tulis @kemenkes_ri di akun Instagram resmi, Selasa (13/7/2021).

Bagi masyarakat yang ingin memeriksa status vaksinasi, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

1. Kunjungi website PeduliLindungi melalui browser

2. Ketikkan Nama Lengkap sesuai dengan KTP, NIK, dan centang captcha, lalu klik PERIKSA

3. Status vaksinasi Anda akan ditampilkan di bagian bawah

Kemudian, bagi Anda yang ingin mengunduh Sertifikat Vaksinasi Covid-19 dapat mengikuti cara berikut:

1. Lakukan registrasi ke PeduliLindungi dengan mengklik menu Login/Register yang berada pada sudut kanan atas 

2. Isi Nama Lengkap sesuai dengan KTP dan Nomor Ponsel, kemudian Klik Buat Akun. Kode OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan melalui SMS 

3. Setelah memiliki akun, login dengan menggunakan nomor ponsel. Masukkan Kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Kemudian, klik panah bawah pada nama Anda yang terletak di sudut kanan atas, pilih sertifikat vaksin

4. Kemudian, pilih menu Sertifikat Vaksin yang berada di samping kiri. Selanjutnya sertifikat vaksin akan ditampilkan di sebelah kanan. Klik gambar sertifikat untuk memperbesar gambar

Cara di atas merupakan versi browser, apabila Anda memiliki aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store Anda dapat melakukan pengecekan dan pengunduhan sertifikat vaksin pada menu AKUN. Pada halaman tersebut, Anda dapat memilih menu Riwayat Vaksin dan Tiket Vaksin atau Sertifikat Vaksin.

Sumber : bisnis.com