5 Cara Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Ilustrasi tidur nyenyak - Thelinenfactory
13 Juli 2021 23:07 WIB Meuthia Novianthree Nafasya Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tidur memiliki fungsi efisien untuk tubuh manusia. Beberapa penelitian selama bertahun-tahun telah menekankan pentingnya tidur dan perannya dalam pengaturan kesehatan fisik dan mental yang sehat pada manusia.

Ketidakmampuan atau ketidakcukupan tidur telah dikaitkan dengan risiko berkembangnya kondisi kesehatan yang dapat bersifat fisik dan mental seperti insomnia, depresi, skizofrenia, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Adanya pandemi Covid-19 telah menyebabkan gangguan besar pada gaya hidup orang-orang di seluruh dunia. Perubahan mendadak membutuhkan akomodasi yang menyebabkan jadwal tidur terganggu, kesehatan mental, dan tingkat produktivitas orang menjadi menurun.

Melansir dari timesnownews.com, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga jadwal tidur berkualitas dan bebas stres selama pandemi Covid-19:

1. Hindari Konsumsi Kafein di Malam Hari
Tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein dalam bentuk apa pun di malam hari atau sebelum tidur. Kafein dapat mengganggu tidur Anda, membuat Anda sulit tertidur sehingga waktu tidur Anda berkurang.

Kafein juga dapat membuat Anda susah untuk mendapatkan tidur nyenyak atau jam tidur nyenyak Anda berkurang. Hal ini dapat menyebabkan otak menjadi waspada dan mengakibatkan masalah tidur.

2. Hindari Gunakan Handphone
Banyak orang sulit lepas dari handphone yang digunakan setiap hari dari pagi hingga malam hari, terutama sebelum tidur. Menggunakan handphone sebelum tidur dapat memengaruhi produksi hormon melatonin yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur.

Penggunaan ponsel secara teratur di malam hari dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap. Selain itu, keinginan kompulsif untuk memeriksa ponsel dapat mengakibatkan penundaan waktu tidur dan mengurangi durasinya.

3. Lakukan Olahraga
Manjakan diri dengan yoga, meditasi, dan bentuk olahraga lain yang dapat membantu menjaga tubuh dan pikiran tetap tenang dan rileks. Dengan kondisi tubuh dan pikiran yang rileks, tidur menjadi lebih lelap dan lebih berkualitas.

4. Makan Makanan Bernutrisi
Tidak ada orang yang suka tidur dengan perut kembung. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi karena dapat membantu menjaga mikrobioma usus yang sehat yang dapat berkontribusi langsung pada tidur yang tidak terganggu dan berkualitas.

5. Atur Jadwal Aktivitas Harian
Atur kehidupan pribadi dan pekerjaan Anda agar sesuai dan tidak mengganggu jam tidur Anda. Sisihkan waktu setidaknya 6-8 jam untuk jam tidur dalam jadwal Anda setiap hari. Jumlah ini merupakan jumlah jam tidur sehat yang direkomendasikan.

Sumber : Bisnis.com