Begini Cara Menjaga Anak Agar Aman dari Covid-19 saat Bepergian

Ilustrasi - Top10inaction
15 Juli 2021 08:27 WIB Anissa Putri Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sejak awal pandemi, Covid-19 telah mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak baik secara fisik maupun mental.

Meskipun pada awalnya anak-anak kurang rentan terhadap virus corona, adanya gelombang kedua memicu lonjakan tiba-tiba dalam jumlah kasus Covid-19 di antara anak-anak.

Mirip dengan orang dewasa, anak-anak juga dapat menderita penyakit fisik dan beberapa tanpa gejala, tanpa sadar menjadi penyebar super. Saat ini, ketika kasus Covid-19 membuat orang-orang perlahan kembali ke keadaan normal, lalu berpergian keluar dan membawa anak-anak untuk jalan-jalan atau untuk tujuan lain.

BACA JUGA : Hanya 3 Pekan, Lebih Dari 500 Anak di Sleman Positif Covid

Melansir dari Times of India, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bepergian dan membawa anak-anak, diantaranya:

1. Didik Anak-Anak Tentang Kemungkinan Risiko Terinfeksi Virus

Gelombang kedua Covid-19 sangat merugikan kita semua, termasuk anak-anak. Sementara varian baru muncul sesekali, penting bagi kita untuk mendidik anak-anak kita tentang pandemi dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu.

Dengan cara ini, kita dapat menahan dampak negatif virus secara efisien dan juga menjaga anak-anak kita aman dari hal yang sama.

2. Jangan Biarkan Anak-Anak Menyentuh Semua Barang

Virus Corona adalah penyakit menular yang sangat cepat penyebarannya. Covid-19 dapat menyebar melalui kontak dan juga dari permukaan yang terkontaminasi.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk meminta anak-anak Anda menghindari permukaan yang sering disentuh. Jangan biarkan mereka menyentuh segala sesuatu dan memantau gerakan mereka untuk membantu mencegah tertular virus.

3. Ajarkan Anak-Anak untuk Memakai Hand Sanitizer

Selain mencuci tangan, pembersih tangan bisa sangat berguna ketika Anda dan anak-anak Anda berada di luar ruangan. Ini dapat membersihkan tangan Anda dan juga menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya. 

BACA JUGA : Orang Tua Waspada! Ribuan Anak di DIY Terpapar Covid-19 

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, anak-anak dapat menyentuh permukaan dan benda yang terkontaminasi atau terinfeksi, yang dapat menyebabkan infeksi. Untuk menghindarinya pastikan anak-anak Anda mencuci tangan secara teratur atau menggunakan hand sanitizer.

4. Hindari Tempat Ramai dan Pastikan Sang Anak Menggunakan Masker

Penting untuk dicatat bahwa membatasi perjalanan dan tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk menahan penyebaran virus. Inilah yang dapat melindungi Anda dan anak-anak Anda dari infeksi. Namun, jika harus berkunjung ke luar ruangan, hindari pergi ke tempat ramai dan pastikan Anda dan anak menggunakan masker.

5. Sampai Vaksinasi Covid-19 Tersedia untuk Anak-Anak, Hindari Berkunjung ke Luar Ruangan

Pandemi belum berakhir dan anak-anak masih rentan terhadap infeksi, mengingat mereka masih belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Jadi sampai dampak virus mereda dan bahaya berkurang, dorong anak Anda untuk tetap berada di dalam rumah selama masa krisis seperti itu. 

Mengingat bahwa virus tidak menyayangkan siapa pun, jangan biarkan anak-anak Anda bermain di luar ruangan. Lebih baik atur permainan dalam ruangan yang menyenangkan yang mungkin membuat mereka senang dan betah di dalam ruangan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia