Advertisement

Protein Nabati Punya Manfaat Luar Biasa, Kedelai Baik Dikonsumsi di Masa Pandemi

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 15 Juli 2021 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Protein Nabati Punya Manfaat Luar Biasa, Kedelai Baik Dikonsumsi di Masa Pandemi Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pola makan di masa pandemi mengalami perubahan, dan kini orang-orang mengarah ke peningkatan konsumtif protein.

Sumber protein sendiri bersumber dari protein hewani dan nabati, namun protein nabati lebih digemari masyarakat Indonesia. Hal itu membuat kedelai jadi makanan favorit. Meskipun lebih murah dari protein hewani, namun protein nabati juga memiliki manfaat luar biasa.

Advertisement

NAB Herbalife Nutrition, Dr Rimbawan mengatakan jika kedelai merupakan sumber kebutuhan protein nabati yang kaya manfaat.

Baca juga: Belum Sebulan, Satgas Sleman Sudah Makamkan 534 Jenazah

"Di era pandemi ini, usahakan untuk makan makanan kaya protein setiap waktu makan. Protein Nabati memiliki gizi yang hampir mirip dengan protein hewani,"ujarnya secara virtual pada acara Media Briefing Virtual bertajuk Nutrition Talk Plant-Based Diet Survey, Kamis (15/7/2021).

Rimbawan memaparkan konsumsi protein nabati sering dihubungkan dengan rasa kenyang dan menunda rasa lapar. Dengan demikian, konsumsi kedelai akan membantu mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

Selain itu, protein nabati juga dapat berikan penambahan massa otot.

Jadi akan sangat baik jika konsumsi protein setelah beraktivitas fisik atau olah raga. Kerena selama pandemi banyak yang melakukan aktivitas olahraga di rumah, maka menurut Rimbawan sangat baik di imbangi dengan protein.

"Protein kedelai merupakan protein nabati terbaik. Kedelai mempunyai nilai indeks glikemik (Gl) yang rendah. Kemudian kedelai mengandung asam amino lengkap, kaya akan BCAA (valin, leusin dan isoleusin) kandungan tersebut penting untuk pembentukan massa otot," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement