Advertisement

4 Gaya Hidup yang Harus Diubah Jika Sering Mengalami Sakit Kepala

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 Juli 2021 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
4 Gaya Hidup yang Harus Diubah Jika Sering Mengalami Sakit Kepala Sakit kepala - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Bahkan, dampaknya menyebabkan perubahan suasana hati yang drastis.

Ini juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang mendasarinya atau menggambarkan masalah gaya hidup. Untuk mengurangi kemungkinan, frekuensi, intensitas, dan keparahan nyeri, sangat penting untuk mempraktikkan kebersihan sakit kepala.

Advertisement

Mengurangi beberapa kebiasaan atau memodifikasinya dapat membantu mengurangi risiko serangan parah. Berikut adalah 5 perubahan yang dapat Anda lakukan dalam rutinitas harian Anda.

1. Makan sehat

Makanan yang Anda makan sejak bangun tidur hingga tidur juga dapat memicu sakit kepala. Kelebihan asupan kafein, teh, alkohol, camilan asin, dan makanan olahan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Perhatikan makanan mana yang menyebabkan Anda sakit kepala dan cobalah untuk mengurangi asupan makanan tersebut di siang hari. Selain itu, melewatkan makan juga bisa menyebabkan rasa sakit berdenyut di kepala. Usahakan makan seimbang dalam sehari. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian harus menjadi bagian dari makanan biasa Anda.

2. Perbaiki postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat membuat Anda berisiko mengalami sakit kepala. Membungkuk bahu Anda dan duduk dalam postur yang tidak rapi dapat membuat kepala, leher, dan bahu Anda tegang, yang menyebabkan sakit kepala tegang. Jika Anda memiliki pekerjaan duduk, duduklah dengan benar di kursi dan meja dan bukan di tempat tidur. Juga, terus periksa postur Anda sepanjang hari. Jaga agar tulang belakang Anda tetap tegak, laptop setinggi mata dan bahu Anda lurus. Beristirahatlah setelah setiap jam.

3. Stres

Stres adalah kontributor utama ketegangan dan sakit kepala migrain. Jadi, jika Anda termasuk orang yang sering mengalami masalah sakit kepala, cobalah untuk mengelola tingkat stres Anda. Meditasi, latihan pernapasan, yoga, atau bahkan jalan-jalan kecil di tengah hari dapat menenangkan pikiran dan mengurangi kadar hormon stres. Jika Anda berjuang untuk mengelola tingkat stres Anda, berkonsultasilah dengan profesional.
05/6 Hindari merokok

Sejujurnya, merokok tidak memiliki manfaat kesehatan. Ini merusak paru-paru Anda, mempengaruhi kesehatan usus Anda dan juga mengurangi kesehatan kekebalan tubuh Anda. Sekarang ada tambahan lain untuk daftar ini - sakit kepala. Merokok dan perokok pasif, keduanya dapat menyebabkan sakit kepala. Rasa sakitnya sangat hebat jika Anda merokok terlalu banyak dalam sehari atau saat perut kosong. Hal ini terjadi karena adanya nikotin, yang menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah di otak, yang menyebabkan rasa sakit yang berdenyut.

4. Jadwal tidur

Setelah bekerja sepanjang hari, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat dan meremajakan. Menempatkan beban ekstra pada otak Anda dan mengurangi waktu tidur Anda akan memicu sakit kepala, menyebabkan penambahan berat badan dan menurunkan tingkat konsentrasi Anda. Lebih baik tetap pada jadwal tidur Anda dan pertahankan jadwal tidur yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement