Advertisement

Sst... Ini Loh Rahasia Mengatasi Ngiler saat Tidur

Mediani Dyah Natalia
Senin, 19 Juli 2021 - 18:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sst... Ini Loh Rahasia Mengatasi Ngiler saat Tidur Ilustrasi - Popsugar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kebiasaan-kebiasaan buruk saat tidur seperti mendengkur, mulut terbuka hingga ngiler adalah sesuatu yang coba selalu ditutupi karena membuat kita malu. Namun dengan mengetahui penyebabnya, termasuk ngiler, kebiasaan ini dapat diatasi kok. 

Ngiler memang bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Advertisement

Pada anak-anak, itu terjadi karena mereka tidak memiliki kontrol yang tepat atas mulut dan indera mereka. Namun, jika ngiler terjadi pada orang dewasa, sesuatu pasti perlu dilakukan.

Inilah yang sebenarnya menyebabkan air liur dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikannya seperti dilansir dari Times of India :

Tiga alasan di balik ngiler saat tidur

1. Produksi air liur berlebih

Air liur penting bagi kita karena memiliki banyak mineral dan dapat menyembuhkan luka kita. Tetapi ketika Anda menderita infeksi, cedera, atau masalah medis apa pun, tubuh Anda cenderung memproduksi lebih banyak air liur, yang dapat menyebabkan air liur saat tidur.

2. Posisi tidur

Beberapa orang tidur dengan mulut terbuka sambil tengkurap. Posisi ini juga bisa menyebabkan ngiler.

3. Penyumbatan hidung

Hidung tersumbat karena kedinginan bisa membuat Anda sulit bernapas. Hal ini dapat menyebabkan air liur berlebihan dan mulut terbuka memberi jalan bagi air liur untuk meneteskan air liur saat bernafas.

Cara untuk berhenti ngiler

1. Ubah posisi tidur Anda

Cara termudah untuk menghentikan ngiler adalah dengan mengubah posisi tidur Anda. Alih-alih tidur tengkurap, cobalah tidur telentang. Dengan cara ini Anda akan dapat mengontrol mulut Anda dan air liur tidak akan menetes ke wajah Anda.

2. Pakai buah jeruk

Buah jeruk membantu mengencerkan air liur dan secara efisien dapat mencegah air liur. Anda bisa minum air lemon atau makan buah jeruk lainnya sebelum tidur.

3. Menggunakan alat mulut

Juga disebut perangkat mandibula, alat oral dipasang di mulut. Mekanismenya adalah menjaga lidah Anda di tempat yang tepat untuk mencegah ngiler dan mendengkur. Anda dapat membelinya secara online atau mendapatkannya dari toko medis.

4. Cobalah terapi wicara

Dalam terapi wicara, Anda bisa melatih otot lidah dan mulut Anda untuk tetap dalam posisi yang sempurna dan pikiran Anda untuk menyatukan bibir Anda. Tidak hanya itu, olahraga lain yang membantu mengontrol mulut juga bisa dilakukan.

5. Periksakan dirimu

Terkadang, kondisi medis yang disebut sleep apnea juga bisa membuat Anda ngiler saat tidur bersama dengan gejala lain seperti mendengkur dan sesak napas. Ini juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan, kantuk di siang hari dan stres. Ini tidak boleh diabaikan dan Anda harus memeriksakan diri. Sleep apnea adalah kondisi kesehatan yang serius, yang selanjutnya dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement