Advertisement

5 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Anda Rontok

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 19 Juli 2021 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
5 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Anda Rontok Rambut rontok - huffingtonpost

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Permasalahan rambut rontok dapat menimpa pria dan wanita. Dan hingga saat ini masalah untuk mengatasinya masih sangat sulit.

Berbeda dengan rambut rusak atau uban yang dapat diperbaiki dengan produk perawatan rambut, tapi rambut yang rontok terkadang tidak akan tumbuh kembali. Bahkan dengan perawatan profesional yang mahal.

Advertisement

Dilansir dari cna, Senin (19/7/ 2021) trichologist Leonica Kei, yang juga pemilik Leonica K Trichology mengatakan penting untuk mengetahui bahwa kerontokan rambut sebenarnya terjadi pada akarnya.

“Penipisan rambut akibat kerusakan pada batang rambut tidaklah sama, karena tidak mengubah jumlah rambut yang tumbuh dari kulit kepala seseorang,” jelasnya.

Rambut rontok terjadi ketika folikel melemah dan sebagian besar berkaitan dengan masalah kesehatan internal. Pemicunya bisa berupa apa saja mulai dari ketidakseimbangan hormon, stres dan kekurangan nutrisi hingga kecenderungan genetik.

Berikut adalah hal sepele yang justru membuat rambut rontok :

1. Jarang Keramas

Shampoo membantu membersihkan kulit kepala dari sebum dan racun. Jika Anda tidak membersihkan sebum di kulit kepala, itu bisa menumpuk di sekitar folikel rambut dan menyumbatnya.

Mencuci rambut dan kulit kepala terlalu jarang dapat menyebabkan gatal dan peradangan pada kulit kepala, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok juga.

Anda mungkin perlu keramas lebih sering jika memiliki kulit kepala berminyak atau saat cuaca panas.

Jangan mencoba mengurangi keramas hanya karena rambut tipe kering. Anda harus memilih produk perawatan rambut yang tepat dibutuhkan kulit kepala.

2. Pakai Kondisioner ke Akar Rambut

Kondisioner sebaiknya hanya diterapkan pada batang rambut, tidak pada kulit kepala atau di dekat akar rambut. Kondisioner bermanfaat untuk melembabkan dan mengurai rambut dan tidak boleh digunakan sebagai pelembab untuk kulit kepala. Itu akan menimbulkan munculnya ketombe.

3. Terlalu Sering Menyisir Rambut

Menyisir rambut tidak boleh berlebihan, karena dapat menyebabkan kerusakan, terutama pada rambut kering atau dikeriting.

Selain itu, akan menyebabkan abrasi dan iritasi pada kulit kepala, terutama jika sisir yang digunakan salah atau berkualitas buruk.

4. Produk Perawatan yang Salah

Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut yang cocok. Pastikan produk tidak menyebabkan iritasi kulit kepala dan dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Produk yang dirancang untuk kulit kepala terutama serum atau tonik yang tidak menempel akan membuat kulit kepala terasa bersih dan ringan. Waspadalah terhadap mereka yang meninggalkan residu atau menyebabkan kulit kepala Anda gatal atau sensitif.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Mengikat rambut teralu kuat atau erat akan mengakibatkan trauma mekanis yang akan melemahkan akar rambut.

Traction alopecia adalah kondisi kerontokan rambut yang disebabkan oleh penarikan rambut secara terus-menerus. Kenyataannya, banyak balerina dan penari profesional, yang terus-menerus harus mengikat rambut dengan kencang saat berlatih atau tampil mengalami hal ini. Dalam kasus ekstrim, beberapa bahkan mulai memiliki garis rambut yang surut meskipun mereka masih sangat muda.

6. Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk aktivitas harian. Bahkan itu berpengaruh pada kesehatan rambut. Rambut Anda adalah yang pertama menderita dan yang terakhir mendapat manfaat dari setiap perubahan di dalam tubuh. Jadi ini artinya tubuh Anda hanya akan menyalurkan nutrisi ke rambut ketika ada kelebihan nutrisi yang tersisa setelah dipasok ke bagian tubuh yang lain.

Ketika Anda melewatkan sarapan dan aktif di pagi hari, tubuh Anda mengambil sisa cadangan nutrisi dari makanan terakhir yang Anda makan kemarin. Sehingga rambut Anda tidak mungkin diberi banyak nutrisi karena cadangannya belum diisi ulang.

Dalam jangka panjang, rambut Anda akan kekurangan nutrisi dan kemungkinan akan menjadi lemah dan tidak setebal yang seharusnya.

Rambut yang lemah merupakan faktor penyebab kerontokan rambut, dan itulah mengapa Anda harus makan pagi jika Anda ingin menjaga rambut Anda tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement