Advertisement

Ada Teh Hijau hingga Jus Tomat, Sejumlah Minuman Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 19 Juli 2021 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
Ada Teh Hijau hingga Jus Tomat, Sejumlah Minuman Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Teh hijau dan lemon

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang perlu diawasi. Anda perlu mengonsumsi berbagai minuman yang sehat untuk mengontrol kolesterol Anda.

Terkadang dalam mengonsumsi makanan, kita seringkali lupa untuk membatasi seberapa banyak yang perlu kita makan, terutama bagi makanan yang dapat menimbulkan kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol diri Anda, dan mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Advertisement

Dilansir dari medicalnewstoday, berikut 9 minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Teh hitam juga dapat menurunkan kolesterol, namun memiliki tingkatan yang lebih rendah dibandingkan teh hijau.

2. Susu kedelai

Susu kedelai memiliki lemak jenuh yang rendah. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram (g) protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Minuman oat

Oat mengandung beta-glukan yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol. Berdasarkan dari hasil penelitian, minuman oat seperti susu oat, berpotensi menawarkan pengurangan kolesterol yang lebih konsisten daripada produk oat semi padat atau padat. Cobalah untuk mengonsumsi beta-glukan sekitar 3 g per hari, yang dapat mengurangi lemak jahat sekitar 7%. Pastikan oat yang Anda konsumsi mengandung beta-glukan.

4. Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa yang disebut likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL "jahat". Jus tomat juga kaya serat penurun kolesterol dan niasin. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus meningkatkan kandungan likopennya.

5. Smoothie berry

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Buah beri juga rendah kalori dan lemak. Selain beri, buah-buahan stoberi, bluberi, blackberry dan raspberi juga dapat Anda coba untuk dijadikan smoothie.

6. Minuman yang mengandung sterol dan stanol

Sterol dan stanol adalah bahan kimia tanaman yang bentuk dan ukurannya mirip dengan kolesterol yang menghalangi penyerapan beberapa kolesterol. Beberapa perusahaan memasukannya ke dalam minuman yogurt yang diperkaya susu dan jus buah. Berdasarkan dari saran FDA, cobalah untuk mengonsumsi 1,3 gram atau lebih sterol dan 3,4 gram per hari.

7. Minuman kakao

Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Kakao mengandung antioksidan yang disebut flavanol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Berdasarkan dari hasil penelitian, mengonsumsi minuman 450 mg yang mengandung flavanol kakao dua kali sehari selama 1 bulan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

8. Smoothie susu nabati

Banyak jenis susu nabati mengandung bahan-bahan yang membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol. Anda juga dapat menggunakan susu kedelai atau susu gandum. Anda dapat mencampurkan smoothie kedelai atau oat sebanyak 250 ml yang dicampur dengan buah atau sayuran penurun kolesterol seperti pisang, anggur atau plum, mangga atau melon, plum kecil, kangkung atau lobak swis dan labu.

9. Alkohol

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa konsumsi alkohol rendah hingga sedang bisa lebih bermanfaat dalam hal kesehatan jantung daripada tidak minum sama sekali. Konsumsi alkohol rendah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, hal ini bergantung pada usia, jenis kelamin, dan jenis alkohol yang Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak, maka akan lebih banyak memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement