Hati-Hati! Terlalu Lama Duduk Bisa Berakibat Fatal

Ilustrasi - Wisegeek
20 Juli 2021 00:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – |Duduk lama di depan meja kantor menjadi kegiatan sehari-hari para pekerja kantoran. Namun, tahukah Anda duduk terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda?
 
Selain dapat membuat otot dan sendi Anda menjadi lemah dan kaku, terlalu lama duduk dapat menyebabkan masalah yang fatal.
 
Mengutip Halodoc, Senin (19/7/2021) studi yang dipublikasikan pada 2018 di American Journal of Epidemiology ini menemukan bahwa dari pengamatan mereka selama 21 tahun, jumlah orang yang meninggal sebagian besar memiliki kebiasaan duduk terlalu lama, dengan penyebab kematian yang cukup beragam.
 
Melansir WebMD, Senin (19/7/2021), berikut 12 alasan mengapa duduk terlalu lama dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

1. Berisiko terkena penyakit jantung

Para ilmuwan pertama kali menyadari ada sesuatu yang terjadi dalam sebuah penelitian yang membandingkan dua kelompok serupa: pengemudi angkutan umum, yang duduk hampir sepanjang hari, dan kondektur atau penjaga, yang tidak duduk. Meskipun pola makan dan gaya hidup mereka sangat mirip, mereka yang duduk dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang berdiri.

2. Dapat mempersingkat hidup Anda

Anda lebih mungkin meninggal lebih awal karena sebab apa pun jika Anda duduk dalam waktu lama. Tidak ada gunanya jika Anda berolahraga setiap hari atau tidak. Tentu saja, itu bukan alasan untuk melewatkan gym.

3. Lebih mungkin mengalami Demensia

Jika Anda terlalu banyak duduk, otak Anda bisa terlihat seperti orang dengan demensia. Duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang semuanya berperan dalam kondisi tersebut. Bergerak sepanjang hari dapat membantu lebih dari sekadar berolahraga untuk menurunkan risiko semua masalah kesehatan ini.

4. Olahraga tidak dapat melawan efek dari terlalu banyak duduk

Efek terlalu banyak duduk sulit dilawan dengan olahraga. Bahkan jika Anda berolahraga 7 jam seminggu,  jauh lebih banyak dari yang disarankan 2-3 jam, Anda tidak dapat membalikkan efek duduk 7 jam setiap kali. Jangan membuang semua kerja keras di gym dengan memukul sofa sepanjang hari. Terus bergerak.
 
5. Peluang Diabetes meningkat

Kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya, jika Anda duduk sepanjang hari. Dan itu bukan hanya karena Anda membakar lebih sedikit kalori. Tidak jelas mengapa, tetapi dokter berpikir duduk dapat mengubah cara tubuh Anda bereaksi terhadap insulin, hormon yang membantu membakar gula dan karbohidrat untuk energi.
 
6. Anda bisa mendapatkan DVT

Trombosis vena dalam (DVT) adalah gumpalan yang terbentuk di kaki Anda, seringkali terjadi karena Anda duduk diam terlalu lama. Ini bisa menjadi serius jika gumpalan itu terlepas dan tersangkut di paru-paru Anda. Anda mungkin melihat pembengkakan dan rasa sakit, tetapi beberapa orang tidak memiliki gejala. Itulah mengapa ada baiknya untuk menghentikan sesi duduk yang lama.
 
7. Dapat menambah berat badan Anda

Banyak menonton TV? Jelajahi web selama berjam-jam? Anda lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas. Jika Anda berolahraga setiap hari, itu bagus, tetapi itu tidak akan mengurangi berat badan ekstra yang Anda dapatkan karena terlalu banyak waktu di depan layar.
 
8. Kecemasan Anda mungkin melonjak

Bisa jadi Anda sering sendirian dan terlibat dalam aktivitas berbasis layar. Jika ini mengganggu tidur Anda, Anda bisa menjadi lebih cemas. Ditambah lagi, terlalu banyak waktu sendirian dapat membuat Anda menarik diri dari teman dan orang yang dicintai, yang terkait dengan kecemasan sosial. Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu penyebab pastinya.
 
9. Dapat merusak punggung Anda

Posisi duduk memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang Anda. Lebih buruk lagi jika Anda membungkuk. Carilah kursi yang ergonomis -- artinya kursi itu memiliki ketinggian yang tepat dan menopang punggung Anda di tempat yang tepat. Tapi perlu diingat, tidak peduli seberapa nyaman Anda, punggung Anda tetap tidak akan menyukai sesi duduk yang lama. Bangun dan bergerak selama satu atau dua menit setiap setengah jam untuk menjaga tulang belakang Anda tetap segaris.
 
10. Dapat menyebabkan varises

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan darah  menumpuk di kaki Anda. Ini memberi tekanan tambahan pada pembuluh darah Anda. Mereka bisa membengkak, memelintir, atau menonjol, yang oleh dokter disebut varises. Anda mungkin juga melihat urat laba-laba, kumpulan pembuluh darah yang rusak di dekatnya. Mereka biasanya tidak serius, tetapi mereka bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda tentang pilihan perawatan jika Anda membutuhkannya.
 
11. Orang lebih tua mungkin mengalami osteoporosis

Orang dewasa yang lebih tua dan  tidak aktif mungkin lebih mungkin untuk mendapatkan osteoporosis (tulang melemah) dan perlahan-lahan membuat Anda tidak dapat melakukan tugas-tugas dasar kehidupan sehari-hari, seperti mandi atau menggunakan toilet. Meskipun olahraga ringan tidak akan mencegahnya, Anda tidak perlu pergi keluar dan berlari maraton atau bertani untuk tetap bergerak di tahun-tahun emas Anda. Hanya saja, jangan meletakkan diri Anda di sofa selama berjam-jam.
 
12. Risiko kanker Anda meningkat

Semakin banyak Anda duduk, semakin tinggi peluang Anda terkena kanker usus besar, endometrium, atau paru-paru. Wanita yang lebih tua memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker payudara. Itu tidak berubah jika Anda super aktif, maka dari itu pastikan untuk tidak duduk terlalu lama.

Sumber : bisnis.com