Advertisement

Suka Makan Lalap Kemangi? Ternyata Banyak Manfaatnya

Newswire
Selasa, 20 Juli 2021 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Suka Makan Lalap Kemangi? Ternyata Banyak Manfaatnya Kemangi/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kabar baik bagi Anda pencinta daun kemangi. Kabarnya, tanaman ini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun kemangi yang banyak ditemui di tengah masyarakat dikenal sebagai salah satu bumbu masakan. Ini bermanfaat untuk menambah cita rasa atau memberikan aroma wangi yang khas.

Advertisement

Tapi tahukah Anda, lebih dari sekadar bahan masakan, daun kemangi yang memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum ini ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan.

Daun kemangi mengandung banyak vitamin dan mineral hingga antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta karotin, dan beta kriptoxantin. Zat ini kebanyakan akan hilang dalam proses pengeringan, maka itu jika ingin mendapatkan manfaat maksimal, daun kemangi sebaiknya dikonsumsi selagi segar.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa diberikan daun kemangi? Dirangkum dari laman Webmd, Selasa (20/7/2021), yuk simak ulasan singkat lima manfaat kesehatan daun kemangi.

1. Mencegah kanker

Jenis daun kemangi yang disebut tulsi sedikit berbeda dari daun kemangi manis yang biasa digunakan dalam resep masakan. Tapi, tetap mengandung zat fitokimia yang disebutkan dapat membantu melindungi dari berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit.

2. Mengurangi stres oksidatif

Daun kemangi penuh dengan antioksidan. Daun kemangi manis mengandung senyawa yang disebut eugenol. Kemudian daun kemangi jeruk nipis dan lemon memiliki limonene. Zat antioksidan inilah dikombinasikan dengan anthocyanin dan beta-karoten, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan resiko mulai dari kanker, penyakit jantung, radang sendi, hingga diabetes.

3. Menurunkan gula darah

Tahukah Anda, menambahkan kemangi ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi lho. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan diabetes, ekstrak kemangi diketahui membantu menurunkan gula darah.

4. Mengurangi inflamasi

Minyak esensial dalam daun kemangi, mulai dari eugenol, linalool, dan citronellol, dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi ini bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kondisi peradangan seperti radang sendi, penyakit jantung, dan masalah di usus.

5. Cegah sakit jantung

Kandungan eugenol yang ada pada daun kemangi bisa memblokir saluran kalsium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Daun wangi satu ini mengandung magnesium yang bisa membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks. Minyak esensial di daun kemangi juga bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Yuk Rajin Konsumsi Daun Kemangi, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement