Advertisement

4 Cara Membersihkan Freezer dari Bunga Es

Newswire
Rabu, 21 Juli 2021 - 08:47 WIB
Nina Atmasari
4 Cara Membersihkan Freezer dari Bunga Es Cara mencairkan bunga es di freezer Freezer, lemari es. /Ist-Dev Benjamin - Unsplash

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Di dalam freezer sering muncul bunga es, yang memakan tempat. Bunga es harus segera dicairkan agar freezer agar dapat menampung banyak makanan. Lantas, bagaimana cara mencairkan bunga es di freezer?

Bunga es jika tidak segera dibersihkan selain akan membuat ruangan jadi sempit, juga akan menimbulkan bau tidak sedap. Bau tak sedap tersebut disebabkan dari makanan atau darah dari daging maupun ikan yang tumpah ikut membeku.

Advertisement

Dengan mencairkan bunga es, membantu menjaga freezer juga agar tidak cepat rusak sehingga mampu bekerja lebih maksimal dan membantu juga dalam menghemat listrik.

Nah, bagi para pengguna freezer, khususnya pengguna pemula yang masih bingung, simak berikut ini cara mencairkan bunga es di freezer yang perlu diketahui. Simak ya!

1. Matikan Freezer

Cara mencairkan bunga es di freezer yang bisa kamu lakukan yakni coba untuk mematikan freezer. Namun, bagaimana caranya jika freezer menyatu dengan kulkas, apa tetap bisa mematikannya tanpa harus mematikan kulkas? Jelas bisa.

Caranya dengan mematikan tombol tombol off pada bagian freezer. Namun, jika membiarkan kulkas tetap menyala akan membuat proses pencairan es sedikit lebih lambat dibandingkan jika kulkas dimatikan.

2. Menyiapkan Ruang Sekitar Freezer

Saat proses pencairan bunga es, kemungkinan besar lantai pada area sekitar freezer akan basah. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses pencairan bunga es, sebaiknya meletakan sesuatu yang mampu untuk menyerap air, seperti koran atau handuk bekas.

Selain itu, jangan lupa untuk mematikan terlebih dulu semua aliran listrik sekitar freezer untuk menghindari terjadinya konslet arus listrik.

3. Mengeluarkan Isi Freezer

Cara mencairkan bunga es berikutnya yakni dengan mengeluarkan isi freezer. Jangan lupa untuk menyiapkan kantong dingin untuk menampung makanan beku agar makanan yang dibekukan tidak mencair saat proses pencairan bunga es.

Atau bisa juga memasukan makanan ke suatu wadah kemudian tutup makanan tersebut sementara waktu dengan es batu agar makanan tetap beku.

4. Tunggu Hingga Bunga Es Mencair Seluruhnya

Untuk mencairkan bunga es, bisa dengan mematikan aliran listrik yang terhubung dengan freezer. Setelah itu, buka pintu freezer.

Agar proses pencairan lebih cepat, semprotkan de-icer ke interior freezer atau bisa juga menggunakan pengering rambut. Setelah itu, tunggu hingga bunga es mencair.

Demikianlah informasi mengenai cara mencairkan bunga es di freezer secara alami yang bisa kamu aplikasikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement