Begini Cara Aman & Sehat Konsumi Daging saat Iduladha

Petugas membacakan nama orang yang berkurban sebelum penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH) Giwangan, Jogja, Jumat (31/7). Pemerintah Kota Jogja menghimbau panitia kurban di Jogja untuk melakukan pemotongan di RPH deni mencegah kerumunan massa sebagai bagian dari protokol kesehatan pencegahan Covid-19. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
21 Juli 2021 15:57 WIB Mediani Dyah Natalia Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada Hari Raya Iduladha biasanya masyarakat mengonsumsi daging dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Agar makanan yang dikonsumsi tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi Anda, ahli gizi UGM, Aviria Ermamilia M.Gizi.,RD. membagikan sejumlah tip. 

Kontrol Porsi

Aviria menyampaikan salah poin yang perlu diperhatikan saat memgonsumsi daging adalah mengontrol porsi makan daging. Sebaiknya konsumsi daging secukupnya dan tidak berlebihan.

Minim Lemak

Selanjutnya, pilih bagian daging yang memiliki sedikit kandungan lemak. Selain itu meminimalisir mengolah bagian jeroan maupun gajih.

Daging Matang

"Pastikan memasak daging hingga benar-benar matang dan olah secara beragam setiap harinya," tuturnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, Rabu (21/7).

Sementara itu teknik pengolahan daging yang disarankan yakni dengan direbus atau dikukus. Minimalkan mengolah daging dengan cara digoreng karena akan menambah kadar lemak. "Minimalkan juga memasak dengan dibakar karena akan berisiko menambah zat karsinogenik yang bisa memicu kanker," terangnya.

Sayur & Buah

Ia pun merekomendasikan konsumsi daging dilakukan bersama dengan konsumsi sayur dan buah. "Upayakan makan daging dengan dibarengi konsumsi sayur dan buah yang cukup," tambahnya.