Iduladha, Ahli Gizi UGM: Minimalkan Memasak Daging dengan Dibakar!

Ilustrasi. - Freepik
22 Juli 2021 00:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Tidak dapat dimungkiri jika saat Hari Raya Iduladha, masyarakat akan mengonsumsi daging. Bahkan porsinya bisa lebih banyak dari hari biasa.

Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia M.Gizi.,RD. membagikan sejumlah tips yang bisa diikuti agar tubuh tetap sehat saat memgonsumsi daging di hari raya kurban.

Aviria menyampaikan salah poin yang perlu diperhatikan saat memgonsumsi daging adalah mengontrol porsi makan daging. Sebaiknya konsumsi daging secukupnya dan tidak berlebihan.

Lalu, memilih bagian daging yang memiliki sedikit kandungan lemak. Selain itu meminimalisir mengolah bagian jeroan maupun gajih.

"Pastikan memasak daging hingga benar-benar matang dan olah secara beragam setiap harinya," tuturnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (21/7/2021).

Sementara itu teknik pengolahan daging yang disarankan yakni dengan direbus atau dikukus. Minimalisir mengolah daging dengan cara digoreng karena akan menambah kadar lemak.

"Minimalkan juga memasak dengan dibakar karena akan berisiko menambah zat karsinogenik yang bisa memicu kanker," terangnya.

Ia pun merekomendasikan konsumsi daging dilakukan bersama dengan konsumsi sayur dan buah. "Upayakan makan daging dengan dibarengi konsumsi sayur dan buah yang cukup," tambahnya.