Advertisement

Begini 5 Langkah Mudah Lindungi Anak dari Covid-19

Janlika Putri Indah Sari
Sabtu, 24 Juli 2021 - 04:37 WIB
Budi Cahyana
Begini 5 Langkah Mudah Lindungi Anak dari Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan RI, Erna Mulati mengatakan keluarga atau orang dewasa menjadi tokoh paling penting untuk melindungi anak dari ancaman Covid-19.

"Keluarga atau orang tua harus memberikan informasi yang dapat dimengerti oleh anak tentang melindungi diri dari Covid-19. Semoga di Hari Anak Nasional ini, seluruh anak bisa terhindar dari segala ancaman yang membahayakan hidupnya, terutama Covid-19," ujarnya secara virtual pada acara Temu Media Hari Anak Nasional dari Kemenkes RI, Jumat (23/7/2021).

Advertisement

Erna menambahkan jika sebagai orang yang paling dekat dan menghabiskan waktu paling banyak dengan anak, orang tua harus memiliki kesigapan ekstrak untuk melindungi anak di era pandemi. Mulai dari melindungi mentalnya, fisiknya dan juga asupannya. Tak hanya pandemi Covid-19, ada ancaman lainnya yang mudah menimpa anak jika tidak terproteksi dengan baik.

Berikut metode atau tips mudah melindungi anak dari Covid-19 :

1. Menghubungi puskesmas setempat jika anak risiko kontak erat atau gejala Covid-19.

2. Mendorong anak untuk menerapkan pembiasaan perilaku hidup sehat.Menyiapkan makanan bergizi dan minum air putih yang cukup. Ajak anak untuk terus beraktifitas seperti belajar online atau olahraga.

3. Mengajarkan anak untuk selalu berpikir positif. Misalnya dengan meningkatkan ibadah, dan giring anak untuk bisa menghindari berita hoax.
Lalu pada anak remaja bisa diarahkan untuk menyalurkan hobi, misalnya bermain gitar, membaca buku, menulis cerita dan lainnya.

4. Berikan informasi pencegahan Covid- 19 kepada anak Imunisasi untuk anak usia 12-17 tahun. Ingatkan anak untuk selalu jaga jarak, tidak menyentuh bagian wajah, tetap menggunakan masker, dan CTPS.

5. Memberi pengertian hindari keluar rumah dan tunda berkumpul. Terus berkomunikasi secara daring dengan keluarga dan teman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement