Cara Meyakinkan Pasangan yang Tidak Menyukai Keluarga Anda

Tips kencan - boldsky.com
24 Juli 2021 12:27 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Momen memperkenalkan pasangan kepada keluarga menjadi hal yang mendebarkan. Memperkenalkan pasangan Anda kepada keluarga Anda dapat menjadi tonggak hubungan yang sangat besar.

Anda mungkin sedikit khawatir apakah keluarga Anda akan menyukai pasangan Anda seperti Anda atau sebaliknya. Tetapi jika pasangan Anda tidak menyukai keluarga Anda dan keluarga sama pentingnya untuk Anda, ini dapat menyebabkan keretakan dalam hubungan Anda.
 
Bisa jadi, pasangan Anda tidak sepemikiran dengan ayah Anda, atau mereka merasa perkataan saudara Anda menyinggung perasaannya.

Baca juga: Cermati! Ini Tanda-tanda Pria Merasa Bersalah Karena Telah Selingkuh

Apapun alasannya, jika pasangan Anda tidak menyukai atau mungkin takut untuk bergaul dengan keluarga Anda, itu bisa sangat menyakitkan. Namun,  jangan khawatir. Anda mungkin masih bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang dapat disepakati  oleh Anda dan pasangan karena Anda tidak boleh berada dalam posisi untuk memilih di antara orang-orang yang Anda cintai.
 
Melansir Elite Daily, Jumat (23/7/2021), berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.
 
1. Cobalah untuk tidak menyalahkan pasangan

Setiap kali Anda merasa terjebak antara pasangan dan keluarga Anda , tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan tegang. Samantha Burns, pelatih kencan dan penulis Breaking Up & Bouncing Back mengatakan cobalah untuk tidak menyalahkan pasangan Anda dan beri tahu mereka harapan dan tujuan Anda untuk pertemuan keluarga.
 
Bahkan, jika Anda khawatir pacar Anda membenci keluarga Anda, pasangan Anda harus bersedia mencapai semacam kompromi terutama jika mereka tahu betapa pentingnya bagi Anda untuk terhubung dengan keluarga Anda pada tingkat tertentu.

Untuk memulai percakapan itu, Burns menyarankan untuk memposisikan diri Anda sebagai penyangga untuk membantu memecahkan kebekuan antara kekasih Anda dan orang yang Anda cintai. "Biarkan pasangan Anda tahu itu sangat berarti bagi Anda untuk melihat semua orang bergaul dan bertanya kepada pasangan Anda bagaimana Anda dapat membantu membangun atau meningkatkan hubungan mereka dengan keluarga Anda," saran Burns.
 
2. Lakukan dialog terbuka tentang bagaimana perasaan Anda dan pasangan terhadap keluarga

Kolaborasi dan komunikasi adalah bagian dari sebuah hubungan, dan ini terutama dibutuhkan ketika masalah seperti ini muncul. Jika percakapan yang serius bukan keahlian Anda, Anda bisa memulainya dengan pujian dan penghargaan terhadap hubungan Anda dan pasangan.
 
“Kemudian, Anda harus menyatakan masalah Anda, apapun masalahnya dan bagaimana perasaan Anda tentang masalah itu, sehingga tidak terkesan sebagai sebuah serangan” kata pelatih kencan Evan Marc Katz.
 
Apabila Anda menyerang pasangan saat Anda menghadapinya, mereka akan menyerang balik atau benar-benar menarik diri dari percakapan.
 
Setelah Anda menyampaikan semua perasaan dan masalah Anda, Anda dan pasangan harus menemukan solusinya.
 
Normal apabila dua orang tidak menyetujui hal yang sama, tetapi mereka bisa berada di tim yang sama untuk kebahagiaan satu sama lain. Anda dan pasangan bisa saja berselisih tentang hal-hal lain sambil tetap memperjuangkan hubungan Anda. Selama Anda dan pasangan saling menghormati , hubungan Anda dapat terus berkembang.
 
3. Pahami dan analisa mengapa Anda merasakan apa yang Anda rasakan

Sebelum menarik kesimpulan apapun, Claudia Johnson, asosiasi terapis pernikahan dan keluarga berlisensi (LMFTA) dengan PNW Sex Therapy Collective mengatakan, penting untuk memahami dan menganalisis mengapa Anda merasakan apa yang Anda rasakan.
 
“Ada apa dengan interaksi khusus ini, ada apa dengan (anggota keluarga pasangan saya) yang tidak membuat saya merasa diterima atau baik? Apakah itu sesuatu yang bisa saya ubah? Apakah itu sesuatu yang akan menginjak batas pasangan saya? Apakah itu sesuatu yang akan merusak hubungan saya? Siapa tahu, tapi sebelum kita mencoba untuk beraksi, mari kita duduk sebentar.” jelasnya.
 
4. Luangkan waku untuk mengenali keluarga pasangan

Jika Anda yang memiliki masalah dengan keluarga pasangan Anda, Johnson merekomendasikan apa yang dia sebut “memperluas narasi” atau setidaknya mendekati situasi dengan penuh kasih sayang.
 
“Sebagai pasangan yang mengalami ketidaknyamanan itu, satu tempat yang sangat baik untuk memulai adalah dengan mengetahui bahwa (keluarga ini) menciptakan pasangan Anda. Siapa pasangan Anda benar-benar dipengaruhi oleh siapa mereka,” kata Johnson.
 
Apakah ada sesuatu dalam diri pasangan Anda yang dapat Anda kenali dalam keluarga mereka, dan dapatkah itu memungkinkan Anda untuk lebih terhubung dengan mereka? Apakah keluarga pasangan Anda berasal dari tempat cinta untuk pasangan Anda?
 
Anda mungkin tidak beresonansi dengan penyampaiannya, tetapi Anda dapat memahami dari mana asalnya. Dan itu adalah sesuatu yang dapat Anda hubungkan. Ini adalah keluarga (pasangan Anda) di penghujung hari, jadi sangat penting untuk meluangkan waktu dan mengenalinya.

Sumber : Bisnis.com