Suasana Hati sedang Tidak Baik? Cobalah Merawat Diri dengan Beberapa Cara Ini

Ilustrasi. - Freepik
26 Juli 2021 06:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Suasana hati bisa berubah disebabkan oleh situasi yang dihadapi. Perubahan ini merupakan hal yang wajar dan kerap terjadi pada seseorang. Ingat, sangat wajar merasa tidak nyaman.

Untuk mengurangi masalah perubahan suasana hati agar tidak sering terjadi, berikut ini tujuh tips perawatan diri secara mental yang penting dilakukan seperti dirangkum dari Healtshots berikut ini.

1. Lakukan perubahan pola makan sehat
Penting untuk menjaga diri dengan mengonsumsi makanan bergizi. Siapkan makanan sehat setidaknya sekali sehari untuk energi baik itu berupa sayuran maupun buah-buahan.

2. Tidur
Jika suasana hati sedang tidak baik, ada baiknya segera tidur untuk sementara waktu. Anda bisa lakukan ini baik malam hari maupun siang hari. Dengan begitu, ini bisa berdampak pada emosional dan juga fisik Anda. Cobalah tidur tepat waktu minimalĀ  7-8 jam sehari.

3. Kelola stres
Semua orang pasti mengalami stres, termasuk Anda. Namun Anda perlu mengelola setres dan alihkan rasa stres tersebut. Lakukan hobi, menonton film, mendengar musik, menari, maupun bermeditasi untuk mengurangi stres Anda.

4. Habiskan waktu bareng teman dan keluarga
Untuk mengelola rasa stres dan juga mood, Anda bisa menghabiskan waktu bareng teman maupun keluarga. Dampaknya ini sangat baik untuk Anda, salah satunya bisa mempertahankan hubungan terdekat Anda secara sehat.

5. Istirahat
Jika saat ini Anda sibuk, istirahatlah minimal 10-15 menit setiap hari agar tubuh lebih rileks. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat sambil berkebun maupun minum kopi.

6. Olahraga secara teratur
Apakah saat ini Anda tidak cukup berolahraga? Saatnya lakukan guna meningkatkan fisik dan mental Anda. Dengan berolahraga, ini dapat membantu Anda mengurangi stres dan perubahan suasana hati. Percayalah, olahraga memiliki manfaat positif jika dilakukan secara konsisten.

7. Berdandan
Bagi wanita, berdandan bisa memengaruhi mood dan perfoma kerja. Jangan merasa rendah diri dan kurang cantik dihadapan orang lain, Anda bisa lakukan ini sesuai dengan versi diri sendiri.

Sumber : Suara.com