Advertisement

Layak Dicoba! 10 Makanan Ini Bisa Turunkan Tensi Darah

Novita Sari Simamora
Senin, 26 Juli 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Layak Dicoba! 10 Makanan Ini Bisa Turunkan Tensi Darah Ilustrasi hipertensi - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada beberapa  makanan yang sangat mudah diperoleh untuk menurunkan tekanan darah atau tensi. Makanan ini juga  sangat baik untuk dikonsumsi lansia yang berencana vaksin.

Tekanan darah yang normal atau kurang dari 180 menjadi syarat untuk menerima vaksin Covid-19. Mengutip dari Parade.com, ada beberapa makanan yang  baik dikonsumsi dan juga memiliki khasiat untuk menurunkan tensi. 

Berikut makanan yang mampu menurunkan tensi darah:

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Berry

Stroberi, blueberry, raspberry, dan varietas berry lainnya telah terbukti memiliki efek positif pada tekanan darah dan kolesterol HDL. Buah beri kaya akan antioksidan, serat, vitamin C, potasium, dan banyak nutrisi lainnya.

2. Bit

Sayuran merah cerah ini dan jusnya mengandung nitrat yang tinggi, yang diubah menjadi oksida nitrat saat dicerna. Nitric oxide melemaskan dan memperluas pembuluh darah, yang menurunkan tekanan darah.

3. Bayam

Bayam yang dimasak mengandung banyak potasium, yang sangat bagus untuk tingkat tekanan darah Anda. Penelitian menunjukkan diet kaya bayam dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Advertisement

4. Pisang

Pisang kaya akan potasium, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah setiap hari dapat menjaga tekanan darah Anda tetap rendah. Pisang juga mengandung serat dan magnesium, yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.

5. Kiwi

Advertisement

Buah berbulu halus ini mengandung 5% dari nilai potasium harian yang Anda rekomendasikan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan tiga kiwi sehari memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang makan apel sehari setelah delapan minggu.

6. Bawang putih

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mendorong produksi oksida nitrat tubuh, yang membantu memperluas dan mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah. Bawang putih juga telah terbukti menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

7. Oat dan barley

Advertisement

Gandum utuh dan barley, yang kaya serat makanan, sangat baik untuk tekanan darah Anda. Makan biji-bijian ini secara khusus telah terbukti menurunkan tekanan darah.

8. Kacang

Kacang – terutama kacang pohon seperti almond, walnut, dan pistachio – kaya akan lemak tak jenuh, serat, dan mineral yang membantu mengontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol. Penelitian menunjukkan mengganti lemak jenuh dengan kenari dan minyak sayur dapat meningkatkan tekanan darah. Pastikan Anda memilih kacang tanpa garam.

Advertisement

9. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C, antioksidan, dan vitamin dan mineral seperti potasium. Tomat dan produk tomat juga mengandung likopen, senyawa alami yang memberi warna merah pada tomat. Likopen telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah.

10. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, teh hijau juga telah terbukti menawarkan manfaat kesehatan lainnya, termasuk peningkatan kesehatan otak dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda juga.

Advertisement

Semoga dengan mengonsumsi 10 makanan di atas, maka tekanan darah Anda bisa semakin stabil dan bisa mendapatkan vaksin Covid-19, khususnya bagi lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

AHY Tuntut Investigasi Menyeluruh Atas Tragedi Kanjuruhan

Bantul
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement