Ini 5 Suplemen Terbaik Agar Tubuh Tak Mudah Lelah

Ilustrasi vitamin dan suplemen untuk mengatasi kelelahan - Freepik
27 Juli 2021 22:17 WIB Meuthia Novianthree Nafasya Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kelelahan merupakan istilah yang digunakan seseorang untuk menggambarkan perasaan atau keadaan saat tubuh merasa lelah dan kekurangan energi secara keseluruhan. Mengonsumsi suplemen berikut ini dapat mengurangi rasa lelah dalam tubuh.

Seseorang yang menderita kelelahan dapat memiliki efek serius pada kesejahteraan seseorang, menghancurkan motivasi, kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi, dan menyebabkan kondisi lain apabila tidak segera ditangani.

Ada berbagai macam penyebab seseorang mengalami kelelahan. Namun, jangan khawatir karena banyak kasus kelelahan dapat diatasi dengan mudah, misalnya mengonsumsi suplemen yang dijual bebas dan mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih baik.

Kelelahan dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti pola makan yang tidak seimbang dan bergizi, terlalu banyak meminum minuman beralkohol, stress secara emosional, kurang tidur, dan kurang aktivitas fisik.

BACA JUGA: Jogja Bakal Lakukan Tracing Digital Covid-19, Begini Mekanismenya?

Melansir dari express.co.uk, berikut rekomendasi suplemen terbaik untuk mengatasi kelelahan. Namun, apabila seseorang mengalami kelelahan yang luar biasa, tindakan terbaik adalah segera konsultasikan dengan dokter karena dimungkinkan ada kondisi mendasar yang menyebabkan kelelahan.

1. Magnesium
Salah satu indikator awal dari kadar magnesium yang rendah adalah kelelahan. Magnesium diperlukan untuk metabolisme energi normal. Suplemen magnesium dapat ditemukan di dalam sereal gandum utuh, telur, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam.

2. Zat Besi
Kekurangan zat besi sering menyebabkan seseorang mengalami kelelahan dan menjadi salah satu penyebab paling umum terutama pada wanita. Hanya menggunakan tes yang akan mengungkapkan bahwa seseorang mengalami kekurangan zat besi.

Suplemen zat besi dapat ditemukan secara bebas atau dapat mengonsumsi daging merah, ikan, telur, dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan zat besi.

3. Vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan beberapa gejala salah satu yang utama adalah kelelahan secara ekstrem dan kekurangan energi.

Menurut NHS, orang dewasa berusia antara 19 dan 64 tahun membutuhkan sekitar 1,5 mikrogram vitamin B12 per harinya. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging, salmon, susu, keju, telur, dan beberapa sereal. Saat ini juga banyak vitamin B12 yang berbentuk suplemen.

4. CoQ10
CoQ10 merupakan kependekan dari Coenzyme Q10, faktor penting dalam memproduksi energi dan antioksidan kuat yang ditemukan di semua sel tubuh.

Hal tersebut dibuat secara alami oleh tubuh tetapi akan berkurang kadarnya seiring bertambahnya usia yang dapat menyebabkan kelelahan.

Sumber : Bisnis.com