Hati-Hati! Kurang Minum Air Putih Bisa Alami Ini..

minum air putih
28 Juli 2021 13:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kandungan air dalam tubuh manusia rata-rata sekitar 60 hingga 70 persen.

Setiap organ, sel dan jaringan dalam tubuh manusia menggunakan kandungan air agar dapat berfungsi dengan baik, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk minum air yang cukup setiap harinya.
 
Apapun yang Anda lakukan, pastikan untuk meminum enam hingga delapan gelas per harinya, jika tidak, dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah.  
 
Berikut adalah beberapa efek samping yang akan terjadi jika Anda kurang minum air, melansir Henry Ford Health System, Rabu (28/7/2021).
 
1. Sakit kepala terus-menerus

Salah satu hal pertama yang mungkin Anda perhatikan ketika mengalami dehidrasi adalah sakit kepala yang berdenyut-denyut. Apabila dehidrasi adalah penyebabnya, sakit kepala akan hilang segera setelah Anda minum segelas besar air.
 
2.  Fungsi usus menjadi lamban

“Ada reseptor air di usus besar, dan mereka menarik air dari tubuh untuk membuat tinja menjadi lebih lembut,” kata dr Marjan Moghaddam, DO , seorang dokter keluarga di Henry Ford Health System.
 
Jika Anda tidak mendapatkan cukup air, tinja akan menjadi keras dan menyebabkan sembelit, efek samping yang sering terjadi, disertai sakit perut dan kram.
 
3. Kulit kusam

Dehidrasi muncul di wajah Anda dalam bentuk kulit kering, pucat yang tampak kurang bercahaya dan elastis.
 
4. Kelelahan

Jika Anda tidak mengisi kembali asupan cairan Anda, tingkat energi Anda bisa turun dan Anda bisa mengalami kelelahan dan kabut otak. Jadi, daripada mengambil secangkir kopi, pastikan dulu kebutuhan air bagi tubuh Anda.
 
5.  Pertambahan berat badan

Terkadang, orang salah mengira rasa haus sebagai lapar, sehingga membuat mereka makan lebih banyak. Tetapi sebenarnya menurut dr Moghaddam, mereka hanya perlu minum air lebih banyak.
 
“Kadang-kadang, jika Anda minum segelas  air, isyarat lapar akan hilang,” katanya.
 
6. Mulut menjadi kering

Jika Anda tidak mendapatkan cukup air, Anda akan mengalami kekurangan air liur. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk berbicara, menelan bahkan bernapas. Untungnya, ini dapat dengan mudah diatasi dengan minum air putih.
 
Minum air enam sampai delapan gelas per harinya sangat dianjurkan, tetapi jauh di atas atau di luar itu tidak akan membantu Anda, menurut dr Moghaddam.
 
“Faktanya, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan pembengkakan otak dan kelebihan cairan.” kata dr Moghaddam.
 
Maka dari itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, tidak kurang dan tidak lebih, agar Anda tetap sehat. 

Sumber : bisnis.com