Advertisement

Vitamin & Mineral Penting untuk Imunitas, Berapa Dosis dalam Sehari?

Newswire
Kamis, 29 Juli 2021 - 04:57 WIB
Sunartono
Vitamin & Mineral Penting untuk Imunitas, Berapa Dosis dalam Sehari? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Asupan nutrisi mulai dari vitamin C, D, Zinc dan vitamin E dengan dosis yang sesuai sangat penting untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Terutama dalam kondisi pandemi saat ini baik sebelum atau sesudah vaksinasi. Mengonsumsi vitamin dan mineral yang esensial bagi tubuh juga perlu dilakukan secara konsisten sehingga efek dari sinerginya selalu memberikan manfaat yang optimal.

Vitamin C misalnya, merupakan jenis vitamin yang sudah dikenal. Selain sebagai antioksidan, juga mendukung sistem imunitas, terutama membantu sel-sel tubuh dalam memerangi infeksi. Sekaligus berperan dalam proses regenerasi sel, sehingga sistem kekebalan tubuh kita terjaga dengan baik.

Advertisement

BACA JUGA : Begini Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda 

“Konsumsi vitamin C harian yang direkomendasi adalah minimal 500 mg per hari dan maksimal 1000 mg per hari,” kata Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Michael Reo, Rabu (28/7/2021).

Ia menambahkan Vitamin D menjadi nutrien yang penting dalam memerangi efek buruk dari patogen berbahaya bagi tubuh, berperan membantu sel darah putih dalam pertahanan sistem imunitas kita. Asupan vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko peradangan dan infeksi saluran pernafasan. Dosis harian yang direkomendasi untuk dikonsumsi adalah 400 IU baik tunggal maupun kombinasi dengan nutrisi lain, atau 1000 IU secara tunggal.

“Tetapi ini sangat tergantung pada kondisi kesehatan seseorang. Dosis yang lebih tinggi dapat diberikan jika mereka mengalami defisiensi yang lebih serius,” ujarnya.

Konsumsi Zinc sebagai salah satu mineral juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan komunikasi sel-sel imunitas. Zinc dapat melindungi jaringan dalam tubuh, membantu mencegah patogen asing yang masuk. Mengonsumsi Zinc dalam jangka panjang umumnya aman untuk orang dewasa yang sehat, selama dosis hariannya tak melebihi dari 30 mg.

BACA JUGA : Pemkot Kebut Target Kekebalan Komunal lewat Jogja

“Kesehatan kulit sebagai salah satu elemen dari Innate Immunity? Kulit Anda adalah pencerminan dari apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Berbagai kondisi kulit seperti timbulnya jerawat dan kulit yang kusam merupakan manifestasi dari apa yang sebenernya dibutuhkan oleh tubuh, termasuk berbagai nutrisinya.

Reo mengatakan kulit, selaput lendir, silia saluran napas, batuk dan bersin yang merupakan garis pertahanan terdepan terhadap mikroorganisme. Keutuhan kulit sangat penting untuk mencegah mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Oleh karena itu menjaga keutuhan kulit sebagai organ terbesar pada manusia adalah sangat penting.

“Di sinilah vitamin E memegang peranan penting dalam sinergi nutrisi untuk sistem kekebalan tubuh yang optimal. Banyak manfaat Vitamin E yang sudah terbukti, di antaranya menjaga kelembapan kulit dan berfungsi sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas,” ucapnya.

Mengonsumsi vitamin E secara konsisten sangat membantu menjaga keutuhan kulit untuk mencegah masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh seperti mengaktifkan sistem antibodi. Dosis yang direkomendasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk konsumsi Vitamin E per-hari adalah 100 IU-400 IU dan aman untuk penggunaan jangka panjang jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement