Perlu Diketahui! Ini 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Ilustrasi - fitnessformen.co.id
29 Juli 2021 16:37 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Memiliki bentuk tubuh yang ramping, terutama perut, bisa membuat Anda tampil lebih percaya diri. Selain memiliki kepercayaan diri, Anda juga memiliki harapan untuk hidup lebih lama.

Orang yang memiliki lingkar pinggang yang lebih besar meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti  penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Dengan menurunkan berat badan, terutama lemak perut, dapat meningkatkan pembuluh darah dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, menurunkan berat badan akan membantu Anda mengecilkan lingkar pinggang.

“Lebih penting lagi, akan membantu mengurangi lapisan lemak visceral yang berbahaya, sejenis lemak di dalam rongga perut yang tidak dapat dilihat tetapi meningkatkan risiko kesehatan,” kata Kerry Stewart, Direktur Fisiologi Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins.

Melansir dari John Hopkins Medicine, Kamis (29/7/2021), berikut 8 cara mengecilkan lingkar pinggang:

  1. Kurangi karbohidrat, bukan lemak

Ketika peneliti Johns Hopkins membandingkan efek penurunan berat badan pada jantung melalui diet rendah karbohidrat dengan diet rendah lemak selama enam bulan, dengan jumlah kalori yang sama. Mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat kehilangan rata-rata 10 pon. Jumlah ini lebih banyak daripada mereka yang menjalani diet rendah lemak.

“Manfaat tambahan dari diet rendah karbohidrat adalah menghasilkan kualitas penurunan berat badan yang lebih tinggi,” kata Stewart.

Dengan penurunan berat badan, lemak akan berkurang. Namun, sering juga terjadi kehilangan jaringan tanpa lemak (otot) yang tidak diinginkan.

  1. Pilih makanan sehat, bukan diet

Secara umum, cara makan rendah karbohidrat dapat mengalihkan asupan Anda dari makanan yang tinggi karbohidrat dan gula dan tanpa banyak serat, seperti roti, bagel, dan soda. Untuk itu, Anda perlu memilih makanan sehat dengan pilihan berserat tinggi atau berprotein tinggi, seperti sayuran, kacang-kacangan dan daging yang sehat.

  1. Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu membakar lemak perut, salah satunya olahraga. Olahraga bekerja untuk menghilangkan lemak perut, khususnya karena mengurangi kadar insulin.

“Salah satu manfaat terbesar dari olahraga adalah Anda mendapatkan banyak manfaat untuk komposisi tubuh,” kata Stewart.

Durasi olahraga yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan tergantung pada tujuan Anda. Bagi kebanyakan orang, 30 hingga 60 menit olahraga kategori sedang hingga berat hampir setiap hari.

  1. Angkat beban

Menambahkan jenis olahraga ke aerobik dapat membantu Anda membangun massa otot tanpa lemak. Anda dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, baik saat istirahat maupun selama berolahraga.

  1. Bandingkan label makanan

Anda perlu membandingkan dan mengkontraskan merek. Beberapa yogurt, misalnya, memiliki kandungan rendah lemak, tetapi lebih tinggi karbohidrat dan gula tambahan daripada yang lain. Makanan seperti saus, mayones, saus, dan saus salad sering kali mengandung banyak lemak dan banyak kalori.

  1. Jauhi makanan olahan

Bahan-bahan dalam makanan kemasan dan makanan ringan seringkali mengandung lemak trans, tambahan gula, dan tambahan garam. Tiga hal ini yang seringkali membuat setiap orang sulit untuk menurunkan berat badan.

  1. Fokus pada cara pakaian yang lebih pas

Saat Anda menambah massa otot dan kehilangan lemak, celana Anda akan terasa lebih longgar. Itu tanda kemajuan yang lebih baik. Jika Anda seorang wanita, lingkar pinggang harus kurang dari 35 inci. Atau jika Anda seorang pria, lingkar pinggang harus kurang 40 inchi untuk mengurangi risiko jantung dan diabetes.

  1. Bergaul dengan teman-teman yang fokus pada kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa apabila Anda memiliki lingkup pertemanan yang fokus pada kesehatan, Anda lebih cenderung makan lebih baik dan sehat, serta berolahraga lebih banyak.

Sumber : JIBI/Bisnis.com