Kenali 5 Tanda Ini pada Kulit, Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

Kaki biru salah satu gejala serangan jantung
29 Juli 2021 20:07 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Serangan jantung merupakan gangguan jantung serius ketika ototnya tidak mendapat aliran darah. Dalam dunia kedokteran, serangan jantung disebut juga sebagai infark miokard.
 
Serangan jantung terjadi karena terhambatnya alirah darah ke otot jantung. Tanpa darah yang cukup, jantung bisa menjadi rusak parah dan bahkan bisa mengancam jiwa.
 
Serangan jantung juga bisa menjadi gejala penyakit jantung koroner, di mana timbunan lemak menumpuk di arteri, membatasi jumlah darah yang mencapai jantung.
 
Siapa pun yang memiliki penyakit jantung memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung, oleh karena itu penting untuk memperhatikan tanda-tanda penyakit jantung koroner.
 
Anda mungkin dapat mengungkapkan risiko kondisi tersebut dengan memeriksa kulit Anda secara teratur.
 
Ada sejumlah tanda dan gejala yang tidak biasa yang harus diwaspadai, yang semuanya dapat mengindikasikan risiko serangan jantung, seperti dilansir dari Express, Kamis (29/7/2021).
 
Anda mungkin melihat kaki bagian bawah atau kaki Anda lebih bengkak dari biasanya, Florida Dermatology and Skin Cancer Centers (FLDSCC) memperingatkan.
 
Penyakit jantung dapat menyebabkan kelebihan cairan menumpuk di kaki, menyebabkan mereka menjadi bengkak.
 
Beberapa pasien mungkin juga muncul warna biru atau ungu di sepanjang kaki mereka. Ini disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena kolesterol tinggi.
 
Pertumbuhan kulit seperti lilin dan lesi nyeri berwarna coklat/merah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung.
 
Anda bahkan bisa berisiko mengalami kondisi ini jika Anda menemukan garis-garis merah atau ungu di kuku Anda.

Banyak kondisi jantung memiliki tanda-tanda yang muncul pada kulit dan kuku Anda.
 
Sementara itu, tanda-tanda serangan jantung yang paling umum termasuk nyeri dada yang parah, memiliki rasa sakit yang menjalar di lengan Anda, dan tiba-tiba merasa sangat pusing.
 
Tetapi Anda dapat menurunkan risiko serangan jantung dengan melakukan sedikit perubahan pola makan atau gaya hidup.
 
Makan makanan yang sehat dan seimbang akan menurunkan kemungkinan timbunan lemak di arteri Anda.
 
Jika Anda berpikir Anda, atau seseorang yang Anda kenal, mungkin mengalami serangan jantung, sangat penting bagi Anda untuk segera menghubungi rumah sakit terdekat.

Sumber : Bisnis.com