Advertisement

Pasien Covid-19 Boleh Isoman di Rumah jika Memenuhi Syarat Ini..

Rika Anggraeni
Jum'at, 30 Juli 2021 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pasien Covid-19 Boleh Isoman di Rumah jika Memenuhi Syarat Ini.. Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - www.covid19.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menekankan bahwa pasien Covid-19 yang menjalani isoman di rumah harus memenuhi kriteria agar virus Corona tidak menyebar ke anggota keluarga lain di dalam rumah.

“Jika memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri, pastikan Anda adalah pasien tanpa gejala atau gejala ringan, berusia kurang dari 45 tahun, tidak memiliki komorbid, dan memiliki tempat yang memadai,” kata Wiku dalam konferensi pers daring seperti dikutip, Jumat (30/7/2021). 

Advertisement

Dia menuturkan hal ini dilakukan untuk menghindari kontak dengan anggota keluarga lain yang berada di dalam rumah.

Selain itu, Wiku mengingatkan selama isolasi mandiri, pasien Covid-19 harus menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi, obat-obatan, dan mengecek temperatur dan saturasi secara berkala.

Baca juga: Percepat Vaksinasi, DIY Minta Tambahan Vaksin Covid-19 dari Pusat

“Pastikan selama isolasi mandiri untuk makan makanan bergizi, minum obat dan secara berkala mengecek temperatur dan saturasi oksigen,” jelasnya.

Adapun kriteria pasien Covid-19 yang tidak diperbolehkan melakukan isoman antara lain, pasien yang memiliki gejala sedang hingga berat, berusia di atas 45 tahun, memiliki komorbid, serta tidak memiliki tempat tidur yang memadai.

“Kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri. Manfaatkanlah tempat isolasi terpusat yang telah disediakan pemerintah di wilayah Anda,” ucapnya.

Wiku mengatakan bahwa perawatan di rumah sakit terpusat akan diawasi dan dipantau langsung oleh tenaga kesehatan.

“Baik tanda vital, gejala, pola makan, dan obat-obatan sehingga,jika terjadi perburukan bisa langsung ditangani,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mahasiswa KKN UNY Kenalkan Inovasi Mi Sehat dari Kentang

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement