Advertisement

Pengin Olahraga Jadi Kebiasaan? Ternyata Ini Prosesnya!

Meuthia Novianthree Nafasya
Jum'at, 30 Juli 2021 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
Pengin Olahraga Jadi Kebiasaan? Ternyata Ini Prosesnya! Olahraga di rumah - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 45 persen perilaku manusia terjadi berulang setiap hari dan seringkali di lokasi yang sama dan pada waktu yang sama. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk menjadikan pola makan sehat dan olahraga sebagai kebiasaan?

Berdasarkan tinjauan ilmiah dari Pusat Penelitian Perilaku Kesehatan Universitas di London, kebiasaan bukan hanya melakukan kegiatan secara teratur, tetapi seseorang melakukannya secara otomatis dan tanpa berpikir. Dengan demikian, mereka dapat bertahan bahkan ketika motivasi berkurang.

Advertisement

Melansir dari U.S News, seorang Psikolog Sphen Graef mengatakan bahwa manusia menyukai hidup dengan autopilot. Manusia menghabiskan lebih sedikit energi mental dan melibatkan lebih sedikit proses pengambilan keputusan.

Kemudian, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperkuat kebiasaan sehat? Apabila Anda melakukan diet sehat dan berolahraga teratur dimungkinkan akan membutuhkan waktu sekitar lebih dari tiga minggu.

Pernyataan tersebut berasal dari penelitian tahun 1950-an. Ketika ahli bedah plastik Maxwell Maltz memperhatikan bahwa pasien cenderung terbiasa dengan hasil operasi mereka dalam waktu sekitar 21 hari.

Dalam sebuah studi European Journal of Social Psychology tahun 2009, para peneliti menugaskan 96 orang untuk membentuk satu kebiasaan sehat. Mereka menemukan bahwa peserta membutuhkan waktu mulai dari 18 hingga 21 hari serta membutuhkan 254 hari untuk sepenuhnya memperkuat kebiasaan sehat mereka.

Waktu tersebut bergantung pada bagaimana gaya hidup seseorang dapat mengubah kebiasaan sehat. Namun, penelitian rches menyimpulkan bahwa rata-rata dibutuhkan 66 hari untuk membentuk satu kebiasaan sehat.

Seseorang yang mengalami kesulitan melakukan sesuatu setiap hari selama berbulan-bulan berturut-turut. Para peneliti juga menemukan bahwa seseorang tidak harus melakukan suatu perilaku setiap hari untuk menjadi kebiasaan. Walaupun sehari terlewatkan, hal itu tidak akan mengesampingkan usaha Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Kamis 25 April 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement